DMI.OR.ID, SURABAYA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan berupaya mewujudkan Tim Akustik Masjid yang profesional melalui kegiatan Pelatihan Peningkatan Akustik Masjid se-Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (8/2) hingga Rabu (17/2) di Balai Pendidikan dan Latihan (Diklat) Keagamaan Provinsi Jatim, Surabaya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A., berharap semua peserta dalam kegiatan ini dapat menjadi profesional dan mengembangkan lapangan pekerjaan dengan bekal keterampilan akustik ini.

“Anda punya posisi terhormat di sini. Insya Allah, keahlian akustik ini akan menjadi lapangan hidup (mata pencaharian) asal kita niatkan. Kerjakan tugas-tugas akustik yang diberikan dengan seluruh kemampuan yang ada (profesional). Mudah-mudahan, semua berjalan sesuai rencana,” tutur Imam pada Senin (8/2) pagi, saat memberikan smabutan di acara ini.

profesionalism never comes cheap, lanjutnya, berkah dan kesejahteraan itu tidak datang (didapat) dengan mudah.

“Dreams comes true, wujudkan mimpi anda menjadi kenyataan melalui kegiatan ini. Jangan ada yang masih ragu. Insya Allah, kita lakukan dengan Bismillah dan profesional. Teruslah bekerja dan membaca,” imbuh Imam yang juga Wakil Rektor Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) itu.

Menurutnya, semangat profesionalisme harus dihadirkan ke dalam masjid, profesionalism come to mosque, para peserta akan dilatih oleh tenaga akustik masjid profesional. “Jadi, anda harus benar-benar serius di sini (pelatihan akustik), take it or leave it, tidak bisa setengah-setengah di sini,” tegasnya.

Kegiatan pelatihan ini juga didukung oleh PT. TOA Galva Prima dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jatim serta akan diikuti oleh 78 peserta yang merupan tim teknisi akustik utusan Pimpinan Wilayah (PW) DMI se-Indonesia.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, acara pembukaan ini dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris PW DMI Provinsi Jatim, Drs. H. Muhammad Riziqi, M.M., M.B.A., dan Drs. H. Suhadi, serta Sekretaris dan Bendahara PW DMI DMI Sumatera Selatan (Sumsel), Dr. Ki Agus (K.A) Bukhori Abdullah, M.Hum., dan H. Hirzil Imani.

Acara ini dibuka dengan pembacaan ummul Qur’an, Surat Al-Fatihah, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars Dewan Masjid Indonesia, lalu pembacaan Al-Qur’an Al-Karim, serta pembacaan ikrar Peserta Akustik Masjid

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani