DMI.OR.ID, JAKARTA – Akustik (Sound System) Masjid dapat menjadi sarana pemersatu ummat Islam yang berbeda-beda organisasi, partai politik, madzhab, aliran, dan pemikiran keagamaan sekaligus dapat mempererat silaturrahim dengan pengurus dan jamaah masjid-masjid di seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., menyatakan bahwa penataan kualitas akustik masjid dapat menjadi sarana pemersatu ummat Islam.

“Program ini diinisiasi oleh Ketua Umum PP DMI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla dan sebelumnya hampir tidak terpikirkan oleh ummat Islam. Alhamdulilah, ternyata dampak program ini luar biasa. Atas nama sound system, ummat Islam dengan madzhab apa pun bisa bersatu karena semuanya membutuhkan akustik masjid,” tutur Kiai Masdar pada Senin (26/9) pagi.

Persoalan akustik. lanjutnya, sangat penting bagi ummat Islam karena menjadi sarana menyampaikan informasi kepada ummat di masjid-masjid. DMI mulai menangani masjid dari sisi sound system-nya, sebuah proses yang membutuhkan pelatihan sangat teknis dan disepakati oleh ummat Islam dari madzhab apa pun (muttafaq alaih).

“Pesan yang disampaikan melalui sound system sangat substantif. Seluruh khatib, penceramah, pembicara, dan para ulama membutuhkan sound system untuk menyampaikan pesan-pesan strategis di masjid,” papar Komisioner Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ini.

Menurutnya, akustik merupakan bid’ah (inovasi) di bidang teknologi yang sangat bermanfaat bagi ummat manusia, termasuk akustik masjid bagi ummat Islam, sehingga kita wajib menguasai teknologi sound system dengan baik. “Istilahnya, sound system itu bid’ah wajib yang bermanfaat bagi ummat,” ujarnya.

Dalam sesi pembukaan ini, turut hadir Ketua PP DMI Bidang Sarana, Hukum, dan Waqaf, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, Sekretaris PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.A., yang juga Manajer Akustik PP DMI, dan Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida.

Hadir juga tim Akustik PP DMI, yakni H. Musfidarizal, S.E., M.M., dan Ir. H. Aziz Muslim, dan Stafsekretariat PP DMI, Dra. Rosemini, serta Team Leader Sales Department dari PT. TOA Galva Prima, H. Bram Syakir.

Kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Seluruh peserta tampak bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars DMI dengan penuh semangat. Lalu, mereka membacakan Ikrar Peserta dengan suara keras dan tegas.

 Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani