DMI.OR.ID, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta akan memberangkatkan 40 petugas kebersihan atau marbot masjid pada akhir tahun 2015, tepatnya pada 22-30 Desember 2015. Kegiatan ini turut melibatkan Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta sebagai mitra strategis pemeirntah.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M., menyatakan jumlah marbot masjid di DKI Jakarta yang akan berangkat umrah pada akhir tahun 2015, sejumlah 40 orang, lebih banyak daripada program serupa pada tahun 2014, sejumlah 30 orang.

“Tahun ini ada 40 penjaga masjid yang kami berangkatkan untuk umrah. Jumlah ini lebih banyak dari tahun 2014 lalu, sebanyak 30 orang. Tapi, saya minta supaya kegiatan ini terus dijalankan setiap tahun,” tutur Gubernur DKI yang akrab disapa Ahok ini, seperti dikutip dari laman www.kompas.com

Bahkan Gubernur Ahok langsung meminta agar kegiatan ini tidak hanya dilakukan pada tingkat kecamatan, tetapi hingga tingkat kelurahan.

“Saya ingin agar tahun depan (2016) kegiatan ini tidak hanya digelar untuk marbot masjid di tingkat kecamatan saja, tetapi juga penjaga-penjaga masjid di tingkat kelurahan,” paparnya.

Mantan Bupati Belitung Timur itu pun meminta kepada para marbot untuk aktif melakukan pendataan wilayah di sekitar masjid, terutama apabila ada lahan yang ingin diwakafkan.

“Coba tanya-tanya kepada warga sekitar, kalau-kalau ada tanah yang ingin diwakafkan. Kalau ada, nanti akan kami beli. Kemudian, kami manfaatkan sebagai Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA),” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini dirangkai dengan acara Pelepasan Jamaah Umroh Marbot Binaan PW DMI Provinsi DKI Jakarta sebanyak 40 orang. Mereka telah lulus seleksi dan mewakili masjid-masjid di Provinsi DKI Jakarta.

Dalam acara ini, turut hadir Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H. Andi Mappaganty, MM., yang juga Ketua Dewan Pakar PW DMI Provinsi DKI Jakarta. Adapun pembaca do’a ialah Ketua PW DMI DKI Jakarta, KH. Noor Syuaib Munzir, S.H., M.A.

Hadir pula Ketua Umum PW DMI Provinsi DKI Jakarta, Drs. KH. Thobroni, M.Ag., yang sekaligus memberikan kata sambutan. Hadir pula sekitar 50 fungsionaris dan pengurus DMI Provinsi DKI Jakarta.

Rencananya, Muswil VII ini diselenggarakan selama tiga hari sejak Jumat (18/12) hingga Ahad (20/12) di Wisma Tugu milik Kementerian Agama, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Secara resmi, Muswil VII yang diselenggarakan PW DMI DKI Jakarta ini mengambil tema Peran dan Posisi Strategis Jaringan Masjid dalam Pembangunan Akhlak Mulia, Ekonomi dan Demokrasi di Provinsi DKI Jakarta.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani