DMI.OR.ID, Jakarta – Disela-sela pemberangkatan Mudik Bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada Sabtu (9/6) lalu, aplikasi Dewan Masjid turut diperkenalkan kepada para pemudik oleh Duta Aplikasi dan Inovasi DMI, Laras Sylvia, dan Sekretaris Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Pengembangan Arsitektur, dan Infrastruktur Pimpinan Pusat (PP) DMI, Ir. H. Muman Diaz.

“Aplikasi Dewan Masjid ini merupakan asli karya anak-anak Bangsa, jadi harus dicintai, akan sangat bermanfaat selama Mudik karena dapat digunakan pemudik untuk membantu mencari Arah Kiblat dan Waktu Sholat, bahkan mencari lokasi Masjid terdekat selama dalam perjalanan,” jelas Laras dengan penuh semangat.

Seperti diketahui, bahwa aplikasi DMI merupakan terobosan inovasi oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Dr. (H.C). Muhammad Jusuf Kalla, yang juga sebagai Ketua Umum PP DMI, pada 2016 lalu. Aplikasi ini dibuat dalam rangka akselerasi Memakmurkan dan Dimakmurkan oleh Masjid.

Beliau ingin agar DMI memiliki aplikasi yang bermanfaat dan terintegrasi untuk Pengurus Masjid, untuk Dai dan untuk Umat, semua di dalam satu aplikasi, bahkan hingga undang Dai secara online. Aplikasi ini populer dan dinamakan dengan aplikasi Dewan Masjid, bisa didapat di play store dan app store secara gratis.

Aplikasi Dewan Masjid telah mendata lebih dari 16.000 Masjid di seluruh Indonesia, bahkan ada beberapa masjid dari luar Indonesia seperti misalnya Masjidil Haram dan Masjid Nabawi serta beberapa Masjid-Masjid lainnya di Arab Saudi, Korea Selatan, Inggris, Singapore dan lainnya.

“Aplikasi Dewan Masjid secara berkesinambungan terus menerus dilakukan validasi baik penyempurnaan ui/ ux hingga terus melengkapi data-datanya, baik data dan kegiatan Masjid hingga data Dai,” papar H. Muman DIaz.

Bahkan, lanjutnya, untuk melengkapi data, dapat dilakukan secara langsung oleh pemudik pada aplikasi secara real time, baik penambahan data Masjid maupun data Dai. Ini semua dilakukan agar dapat mendorong Memakmurkan dan Dimakmurkan oleh Masjid.

“Ini sesuai dengan harapan Ketua Umum PP DMI, Bapak Jusuf Kalla, bahwa aplikasi harus dapat memberikan banyak kemudahan buat umat, pengurus masjid, dan dai, serta akan dapat melahirkan da’i-da’i di sekitar Masjid yang bermanfaat buat Masjid dan Umat secara online. Selamat mudik dan selamat sampai di tujuan yaa,” ungkap H.Muman.

Tepatnya, saat ia menutup penjelasan sosialisasi Aplikasi Dewan Masjid ini kepada Pemudik.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani