DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman Tentang Pengembangan dan Pembinaan Ekonomi Masjid dengan PP Perempuan Peduli Pembangunan Daerah Indonesia (P3DI)  pada Ahad (15/9) pagi.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, S.T., dan Ketua Umum PP P3DI, Dr. Hj. Sri Sundari, S.H., M.M. Penandatanganan MoU ini berlangsung di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Kecamatan Koja, Kota Jakarta Utara.

Prosesi penandatanganan ini juga disaksikan langsung oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Drs. H. Syafruddin, M.Si., dan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi. Keduanya juga memberikan kata sambutan dalam kegiatan ini.

Ketua PW PRIMA DMI Provinsi DKI Jakarta 2019-2022, Ahmad Farhan, menyatakan bahwa prosesi penandatanganan MoU antara PP PRIMA DMI dengan PP P3DI ini merupakan bagian dari acara Pelantikan Pengurus PW PRIMA DMI DKI Jakarta.

“Kegiatan ini juga dirangkai dengan Kopi Darat (Kopdar) Remaja Masjid, Organisasi Pemuda Islam, dan Komunitas Dakwah Se-DKI Jakarta yang menghadirkan lima narasumber,” tutur Farhan pada Ahad (15/9) sore saat diwawancarai DMI.OR.ID di Masjid Raya JIC.

Antara lain, lanjutnya, Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat, dan Ketua Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid PP DMI, drg. Arief Rosyid Hasan, M.K.M. 

“Tiga narasumber lainnya ialah Ketua Umum Pengurus Pusat Jaringan Pemuda dan Remaja MAsjid Indonesia (JPRMI), Sohib Yosse HIdayatullah, S.Sos., Ketua Islamic Youth Economic Forum (ISYEF), Muhammad Atras Mafazi, M.M., dan seorang perwakilan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI),” paparnya.

Seperti dikutip dari laman https://www.menpan.go.id/, dalam sambutannya H. Syafruddin berpesan agar para remaja, pemuda dan pemudi Islam harus semakin memperdalam keilmuan dan ajaran Islam.

“Seperti dengan mempertahankan akidah, rukun Islam, dan rukun iman untuk menghadapi perkembangan pesat industri 4.0,” paparnya pada Ahad (16/9) pagi.

Menurutnya, para remaja, pemuda dan pemudi Islam ialah pelanjut tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia di masa depan. “Termasuk para pengurus PRIMA DMI, ISYEF, BKPRMI, dan JPRMI yang hadir di acara ini,” papar H. Syafruddin.

Sewaktu diwawancarai DMI.OR.ID pada Ahad (15/9) siang di Masjid Raya JIC, Wakil Ketua Umum PP PRIMA DMI, Sofian, S.H., M.H., menyatakan bahwa acara ini dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari berbagai organisasi remaja masjid dan organisasi kepemudaan Islam serta komunitas dakwah se-DKI Jakarta.

“Acara ini juga didukung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta serta Badan Manajemen Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (JIC). Jumlah pengurus PW PRIMA DMI DKI Jakarta yang telah dikukuhkan berjumlah 36 orang dengan Ketua Ahmad Farhan dan Sekretaris Ahmad Syauqi Asyraf,” jelasnya.

Adapun perwakilan Gubernur DKI Jakarta, lanjutnya, ialah Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Pemprov DKI Jakarta, H. Mukhlis, S.Ag. “Beliau juga turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara ini,” imbuhnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani