DMI.OR.ID, GORONTALO – Bupati Gorontalo,  Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd., yang juga Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Gorontalo, berencana untuk membangun suatu kota satelit pendidikan sebagai pusat peradaban (madinatul ilmi) masyarakat Gorontalo khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo telah mencanangkan Kecamatan Limboto sebagai Kota Satelit Pendidikan, Kota Ilmu (madinatul ilmi), melalui Rancangan Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD),” tutur Bupati Nelson Pomalingo pada Senin (23/1), seperti dikutip dari laman http://www.antaragorontalo.com.

Pemkab Gorontalo, lanjutnya, sudah memulai program ini dengan melibatkan tiga perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Gorontalo, yakni Universitas Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, dan Insttut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo. “Apalagi pada Februari 2017 nanti, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Gorontalo juga akan diresmikan,” imbuhnya.

“Kita juga sudah menyiapkan lahan untuk diberikan kepada perguruan tinggi yang ada di kota Gorontalo, yang sudah sulit untuk mengembangkan tempatnya, kita siapkan dua hingga tiga hektar lahan. Apalagi terdapat 14 perguruan tinggi swasta lainnya di Gorontalo, ucapnya.

Pemkab Gorontalo. paparnya, ingin sama seperti Depoknya Jakarta. “Di sana, banyak perguruan tinggi sehinggakondisi  ini bisa ikut memajukan perekonomian di Gorontalo,” ungkapnya pada Senin (23/1), seperti dikutip dari laman www.republika.co.id.

Menurutnya, modal dasar Kabupaten Gorontalo dalam pencanangan Madinatul Ilmi ini adalah kehidupan masyarakat Gorontalo yang mayoritas (95 persen) beragama Islam dan selama ini mampu hidup rukun dan damai.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyatakan hal itu saat memberikan sambutan dalam kegiatan bertajuk Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DMI Provinsi gorontalo, dan Pengukuhan 199 Guru Pendidikan Agama Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Acara ini berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) David Tony, Kabupaten Gorontalo, dan dihaidiri oleh Menteri Agama (Menag) RI, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, dan Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Gorontalo, Prof. Dr. H. Zuhdan Arief Fakhrullah, S.H., M.H., serta Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo, H. Fadli Hasan, S.T., M.Si.

Hadir pula  Hadir juga dalam kesempata tokoh agama dan masyarakat provinsi Gorontalo, Rektor IAIN Gorontalo, Dr. H. Kasim Yahiji, M.Ag., Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo,  Dr. H. Rusman Langke, M.Pd., serta jajaran Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani