DMI.OR.ID, LAHAT – Warga di sekitar RT3/ RW 3, Kelurahan Kota Negara, Kabupaten Lahat, tidak perlu kesulitan lagi mencari masjid untuk melaksanakan ibadah sholat dan ibadah lainnya. Pasalnya, warga dan pemerintah setempat sedang membangun sebuah masjid di kawasan itu.

Bupati Lahat, H. Saifudin Aswari Riva’i, SE, telah meletakkan batu pertama dalam pembangunan Masjid Muhajirin II di RT 3/ RW 3, Kelurahan Kota Negara, Kabupaten Lahat, pada Kamis (13/8). Bahkan Bupati Aswari diminta memberikan nama untuk masjid itu.

“Kita namai Masjid Muhajirin II. Saya sangat bangga dan memberi apresiasi kepada Saudara Oktobi yang telah mewakafkan tanahnya untuk pembangunan masjid ini. Mari kita makmurkan masjid ini, percuma masjid besar kalau tidak dijadikan tempat ibadah,” tutur Bupati Aswari pada Kamis (13/8), sebagaimana dikutip laman www.palembang.tribunnews.com.

Sedangkan ketua pelaksana pembangunan masjid, Nyoman Elpento, menyatakan pembangunan masjid di wilayah tersebut sangat penting. “Selama ini, warga harus menyebar mencari masjid, khususnya saat akan akan melaksanakan ibadah salat jumat,” ungkapnya.

Menurutnya, masjid sudah sangat dibutuhkan, belum lagi untuk kegiatan keagamaan. Warga pun sangat berharap bantuan dari pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Muhajirin II ini

“Kami bangga pak bupati langsung menamai masjid yang direncanakan akan dibangun dengan ukuran 14 x 14 meter persegi,” ujar Nyoman di hadapan Bupati Lahat

Sementara tokoh masyarakat kelurahan Kota Negara, Akhyar, menyatakan dana pembangunan masjid berasal dari swadaya masyarakat, khususnya dari Lorong (Lr) Aswari dan Lr. Gotong Royong di Kelurahan Kota Negara.

“Dana keseluruhan renovasi masjid ini menggunakan dana swadaya. Selama ini, warga yang akan salat Jumat, harus pergi ke kampung lain. Maklum, di daerah mereka belum ada masjid,” paparnya sebagaimana dikutip dari laman www.sumeks.co.id.

Akhyar pun berharap agar kegiatan keagamaan di kampungnya menjadi lebih baik lagi dengan dibangunnya masjid Muhajirin II ini. Apalagi masjid langsung dinamai oleh Bupati Lahat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Keterangan: Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Muahjirin II oleh Bupati Lahat, Kamis (13/8).