NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) berencana untuk membangun sebuah pabrik air minum bagi warga di kota Gaza, Palestina. Hal ini penting untuk menjamin kesinambungan ketersediaan air bersih bagi warga Gaza. Bahkan DMI telah menganggarkan sekitar Rp 3,5 miliar untuk proyek tersebut.

Seperti dilansir dari laman https://tirto.id/, Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol.) Purnawirawan (Purn.) Drs. H. Syafruddin, M.Si., menyatakan hal itu pada Selasa (15/9), dalam rilis resminya.

“Untuk jangka panjang, demi menjamin pasokan air bersih bagi warga Gaza, kami atas nama DMI akan membangun pabrik air minum di wilayah tersebut. Kami telah menghitung anggarannya, dibutuhkan sekitar Rp 3,5 miliar untuk merealisasikan rencana tersebut,” ujar Waketum PP DMI, Komjen Pol. (Purn.) Drs. H. Syafruddin, M.Si.

Selain itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) 2018-2019 ini juga berharap agar bantuan sebanyak 1 juta liter air bersih yang telah disalurkan oleh DMI kepada warga kota Gaza, Palestina, dapat meringankan beban warga. “Mereka telah menderita sekian lama akibat kepungan Israel,” ungkapnya.

“Saat ini, 97 persen ketersediaan air di wilayah Gaza tidak layak untuk dikonsumsi. Kelangkaan air terjadi akibat sebagian besar sumber mata air di Jalur Gaza beserta pipa-pipa yang berfungsi mengalirkan air telah rusak akibat perang,” jelasnya.

Dampaknya, lanjut Komjen Pol. (Purn.) Drs. H. Syafruddin, M.Si., warga Gaza harus membeli air bersih dengan harga yang mahal. Situasi ekonomi pun terdapak serius akibat pengepungan (blokade) yang dilakukan oleh pemerintah Zionis Israel.

“Sementara itu, di sisi lain, kebutuhan air bersih semakin meningkat karena pandemi Corona Virus Desease (COVID-19), dimana warga harus selalu menjaga kebersihan,” paparnya.

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) 2016-2018 itu pun berharap agar bantuan air bersih untuk warga Gaza ini dapat meningkatkan hubungan baik antara RI dan Palestina. “Apalagi kebijakan politik luar negeri Indonesia akan selalu mendukung perjuangan bangsa palestina dalam melawan penjajahan Israel,” tegasnya.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani