DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) berencana menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II DMI pada November 2016 di Jakarta. Rakernas ini bertujuan untuk mempererat silaturrahim dan konsolidasi nasional antar pengurus DMI, serta mengevaluasi program dan kinerja pengurus DMI selama hampir empat tahun.

Dalam Rapat Pleno PP DMI pada Selasa (23/8) siang di Kantor PP DMI, Kamar 30, Masjid Istiqlal, Jakarta, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A., menyatakan perlunya DMI menyelenggarakan Rakernas sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam yang besar di Indonesia dan sudah berusia lebih dari 40 tahun.

“DMI Perlu menyelenggarakan Rakernas guna mempersiapkan Muktamar DMI. Kita ini organisasi besar dan sudah berusia lebih dari 40 tahun. Harapannya, muktamar DMI bisa berlangsung meriah dan besar gemanya, seperti muktamar Nahdlatul Ulama di Jombang dan muktamar Muhammadiyah di Makassar tahun lalu (2015),” tutur Imam pada Selasa (23/8).

Bahkan muktamar Majelis Ulama Indonesia (MUI), lanjutnya, bisa berlangsung meriah dan sangat besar gemanya di Surabaya, pada tahun 2015 lalu. “Padahal usia MUI lebih muda dari DMI,”ujarnya.

Namun, Imam mengakui jika DMI tidak mendapat anggaran dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) seperti MUI. “DMI bukan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) sehingga tidak mendapatkan APBN seperti MUI,” ungkapnya.

Dalam rapat pleno ini, diputuskan Ketua Steering Committee (SC) Rakernas II DMI adalah Ketua PP DMI Bidang Sarana, Hukum dan Waqaf, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, sedangkan Ketua Organizing Committee (OC) PP DMI adalah Sekretaris PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Ag.

“DMI akan segera menentukan tema, agenda, dan materi Rakernas II DMI yang Insya Allah akan diselenggarakan di Jakarta pada November 2016 mendatang. Rakernas ini sangat penting untuk silaturrahim dan konsolidasi nasional pengurus DMI, guna mempersiapkan pelaksanaan Muktamar DMI pada 2017 nanti,” tutur Natsir pada Selasa (23/8), dalam rapat pleno PP DMI.

Rakernas ini, lanjutnya, juga bertujuan mengevaluasi program dan kinerja PP DMI serta proses dan hasil pelaksanan program-program itu oleh 34 Pimpinan Wilayah (PW) DMI di seluruh Indonesia.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani