DMI.OR.ID, JAKARTA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menyelenggarakan Silaturrahmi Nasional (Silatnas) Gerakan Nasional Sejuta Masjid Ramah Anak (SEMARAK) DMI Tahun 2019 pada Selasa (12/3) hingga Rabu (13/3) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) DMI Bidang Pemberdayaan Potensi Muslimah, Anak, dan Keluarga (PPMAK), Dr. Hj. Maria Ulfah Anshor, M.Si., menyatakan hal itu pada Jumat (1/3) sore, saat diwawancarai DMI.OR.ID di Kantor PP DMI, Jakarta.

“Kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum PP DMI, Komjen. Pol. (Purn.) Drs. H. Syafruddin, M.Si., pada Selasa (12/3) siang. Hadir juga Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Dra. Hj. Puan Maharani, selaku keynote speaker dalam acara ini,” tutur Hj. Maria Ulfah.

Menurutnya, pembukaan Silatnas ini akan diikuti oleh 1.000 orang, termasuk 315 peserta inti dari pengurus Departemen PPMAK DMI, Korps Muballigh-Muballighah DMI, Badan Pembina Taman-Kanak-Kanak Islam (BPTKI) DMI, dan Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid (BKMM) DMI.

Dalam kegiatan ini, lanjutnya, akan ada prosesi penandatangan Deklarasi Gerakan Nasional SEMARAK. Deklarasi ini akan dirandatangani oleh Waketum PP DMI, H. Syafruddin, yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI.

“Saya, bersama Menko PMK RI, Hj. Puan Maharani, dan perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) RI juga akan menandatangani  Deklarasi Gerakan Nasional SEMARAK,” paparnya.

Narasumber lainnya, ungkap Hj. Maria Ulfah, ialah Menteri Agama RI, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, yang akan membawakan materi tentang Kebijakan dan Dukungan Kemenag terhadap Gerakan Nasional Semarak. “Insya Allah, Menteri Agama akan hadir pada selasa (12/3) sore dalam acara ini,” imbuhnya.

“Akan hadir juga pembicara dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada Selasa (12/3) siang. Materinya seputar Kebijakan dan Dukungan Kementerian PPPA terhadap Gerakan Nasional SEMARAK,” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani