Dengan pusat jejaring di lebih dari 800 ribu masjid di seluruh Indonesia, Dewan Masjid Indonesia (DMI) berkomitmen kuat untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui sejumlah program seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Peningkatan Manfaat JKN Bagi Masyarakat.

DMI juga berkomitmen untuk mendorong suksesnya Program Keluarga Berencana (KB) melalui upaya mencegah pernikahan dini. DMI juga memiliki Program Bersih-Bersih Masjid melalui peningkatan kualitas sanitasi lingkungan. Program-program kesehatan berbasis masjid ini bergerak berdasarkan motto Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I DMI yang bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sejak Jumat (23/11) hingga Ahad (25/11), Departemen Kesehatan dan Sanitasi Lingkungan PP DMI telah memberikan sejumlah buku berisi capaian program dan laporan departemen.

Buku-buku itu berjudul Laporan Kegiatan Bersih-Bersih Masjid, Peningkatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Berbasis Masjid untuk Pencegahan Stunting dan Pengendalian TBC, dan Jaminan Kesehatan Nasional Berbasis Masjid; Studi Kelayakan Uji Coba Klinik Masjid di 6 Kota (Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Makassar, Samarinda, Pekanbaru).

Penulis: dr. Zainal Abidinsyah Siregar, D.H.S.M., M.Kes.

Ketua Departemen Kesehatan dan Sanitasi Lingkungan PP DMI

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani, Redaktur Website DMI.OR.ID.