DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ikatan Ahli Bencana Indonesia (IABI), dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), serta PP Muhammadiyah telah menyelengga-rakan Lokakarya Finalisasi Penyususunan Materi Khutbah Pengurangan Resiko Bencana.

Kegiatan ini diseleggarakan pada Kamis (20/4) di Sekretariat PP DMI, Masjid Istiqlal, Jakarta, dengan fokus utama mengkoreksi dan merevisi buku berjudul Kumpulan Materi Khutbah Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang diterbitkan oleh Direktorat PRB BNPB. Tujuan lainnya ialah menyusun program aksi dan sosialisasi buku ini kepada seluruh ummat Islam di Indonesia.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, buku ini terdiri dari total 109 halaman dan membahas berbagai macam hal terkait aplikasi ayat-ayat Al-Qur’an untuk proses mitigasi bencana alam, pelestarian lingungan hidup, dan manajemen kebencanaan (pra dan pasca bencana) secara efektif, serta tugas suci manusia sebagai khalifatullah fil ardh yang siap menghadapi bencana.

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan peserta, termasuk sejumlah pengurus PP DMI, yakni Ketua PP DMI Bidang Sarana, Hukum, dan Waqaf, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan kesejahteraan ummat, Drs. H. Andi Mappaganti, M.M., dan Sekretaris Departemen Dakwah dan Pengkajian PP DMI, Ustaz Drs. H. Ahmad Yani.

Turut hadir dan memimpin lokakarya pada sesi kedua ialah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A., dengan didampingi Bendahara PP DMI, H. Syaifudin Nawawi, S.H. Hadir pula Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida, dan Anggota Dpartemen Pengembangan Ekonomi Ummat dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Ir. H. Sugiono, S.E.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani