DMI.OR.ID., CIAMIS – Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) Tahun 2016 pada Rabu (2/11) di Aula Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar). Kegiatan ini mengambil tema: Revitalisasi dan Reaktualisasi Fungsi Masjid Sesuai Sunnah Rasul.

Seperti dikutip dari laman http://www.buletinindonesianews.com/, kegiatan ini turut dihadiri Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifin, M.M., Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ciamis, KH. Drs. Ahmad Hidayat Sirodj,S.H., dan Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Ahmad Sanukri, S.H., M.M., serta jajaran PD DMI Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Jawa Barat (Jabar), Ir. H. Zulkarnain, menyatakan bahwa mengurus masjid harus disesuaikan dengan perkembangan zaman, artinya masjid harus menyediakan kebutuhan masyarakat sepertiairminum,chargerhandphone,dan lain-lain.

“Selain masjid besar, masjid agung, dan masjid yang berada di jalan-jalan protokol, masjid-masjid lainnya di wilayah Jawa Barat (Jabar) juga harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman,” tutur H.Zulkarnaen.

Artinya, lanjutnya, ketika masyarakat membutuhkan sesuatu, masjid sudah menyediakankebutuhan itu seperti charger hp, air minum, dan kebutuhan lainnya. “Pengurus masjid dituntut untuk lebih meningkatkan pelayanan di setiap masjid sesuai dengan perkembangan zaman,” paparnya.

Menurutnya, fungsi masjid di Indonesia berbeda dengan di negara-negara lainnya karena juga dipergunakan untuk fungsi kemasyarakatan (sosial).

Sementara Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, menyatakan bahwa sebanyak 2.236 masjid yang ada di seluruh wilayah Ciamis masih harus dibenahi dan disempurnakan, terutama dalam manajemen dan pemanfaatan masjid.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan, selamat untuk Musda DMI Tahun 2016 yang terselenggara hari ini dan saya juga menitipkan agar Musda ini mampu mewujudkan kepemimpinan yang bermoral dan bertanggung jawab,” ucapnya.

Iing Syam pun berharap agar Musda DMI ini juga bisa mengekspresikan misi dan visin pengurus DMI Kabupaten CIamis. “Ketika di dorong dengan keikhlasan, saya yakin visi dan misi ini akan berjalan,” tegasnya.

Musda DMI Ciamis ini bertujuan memilih pemimpin dan pengurus DMI masa bakti 2016-2021 serta mendengarkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) PD DMI Ciamis saat ini..

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani