DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Wilayah (PW) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta berkomitmen untuk terus membangun ukhuwah Islamiyah (ikatan persaudaraan Islam), ukhuwah wathoniyah (ikatan kebangsaan), dan ukhuwah basyariyah (ikatan persaudaraan antar ummat).

Ketua PW DMI DKI Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi. menegaskan hal itu pada Senin (27/3) pagi, saat memberikan kata sambutan dalam acara Pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II DMI Provinsi DKI  Jakarta. Kegiatan ini bertempat di Gedung Balai Kota DKI Jakarta.

Kegiatan ini berlangsung sejak Senin (27/3) hingga Rabu (29/3) di pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Adapun tema yang diangkat ialah: Melalui Rakerwil DMI DKI Jakarta II Tahun 2017, Kita Tingkatkan Konsolidasi dan Kinerja Organisasi.

“Ummat Islam itu ummat masjid. Seluruh aktifitas kita tidak lepas dari masjid. Mari kita terus membangun ukhuwah Islamyyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah basyariyyah.,” tutur KyaiMakmun pada Senin (27/3) pagi.

Saat ini, lanjutnya, terdapat sekitar 3.400 masjid dan 5.600 musholla yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. “Alhamdulilah, masjid-masjid itu terawat dengan baik di DKI Jakarta,” paparnya.

Menurutnya, Rakerwil DMI DKI Jakarta ini sangat istimewa karena dilaksanakan di Pulau Tidung, Kecamatan Pulau Seribu Selatan, Kabupaten Adminisrasi Kepulauan Seribu. “Butuh waktu sekitar dua jam perjalanan dari Jakarta ke Pulau tidung,” jelasnya.

Alhamdulilah, Kegiatan Rakerwil II DMI DKI Jakarta ini menggunakan dana hibah dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta,” ucapnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani