DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menyambut baik rencana peresmian Masjid Fatahillah di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M., (Ahok) pada Jumat (29/1) esok.

Ketua PW DMI Provinsi DKI Jakarta, Drs. KH. Ma’mun Al Ayyubi, menyatakan PW DMI DKI Jakarta akan terlibat langsung dalam acara peresmian Masjid Fatahillah dan ke depan akan mengelola Lembaga Takmir Masjid (LTM) Fatahillah.

“DMI adalah mitra pemerintah. Gubernur DKI itu mitra DMI. Jadi, DMI harus tampil. Kita akan audiensi dengan gubernur terkait peran PW DMI Provinsi DKi Jakarta sebagai pengelola LTM Fatahillah di Balai Kota DKi Jakarta,” jelas Kiai Ma’mun pada Kamis (28/1), saat memberi sambutan dalam acara Musyawarah Daerah (Musda) VI DMI Kota Administrasi Jaksel pada Kamis (28/1).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Komplek Rumah Jabatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Kalibata, Jakarta, dan mengambil tema Meningkatkan Peran DMI Sebagai Wadah Perjuangan Dalam Memberdayakan Masjid.

Kiai Ma’mun pun menyatakann kesiapan DMI DKI Jakarta selaku tuan rumah dari kegiatan Eko-Masjid yang diselenggarakan bersama oleh Pimpinan Pusat (PP) DMI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

“Insya Allah, DMI DKI Jakarta siap menjadi tuan rumah kegiatan Eco Masjid, program kerja sama anatara PP DMI dengan MUI Pusat. Rencananya, nanti akan ada penanaman 10 pohon kurma dengan bibit unggul di beberapa masjid di Jakarta,” ungkapnya.

Kiai Ma’mun pun menawarkan dua buah masjid di Jakarta sebagai pilot project yang memiliki lahan luas, yakni Masjid Al-Fudhola di Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan Masjid Jami’ Al-Hurriyah di Kembangan, Jakarta Selatan.

“Masjid Jami’ Al-Hurriyah dan Masjid Al-Fudhola memiliki lahan yang cukup luas dan cocok untuk tanaman kurma. Mudah-mudahan nanti bisa berbuah. Bahkan, nanti ada juga pohon mahoni yang ditanam di masjid, pemberian dari Kementerian Lingkungan Hidup (LH) dan Kehutanan (K),” papar Kiai Ma’mun.

Dalam acara ini, Kiai Ma’mun juga tidak lupa mengajak para peserta untuk bersama-sama membaca SUrat Al-Fatihah guna mendo’akan Ketua Pimpinan Daerah (PD) DMI Kota Administrasi Jakarta Selatan, almarhum KH. Shiddiq Fauzie dan Ketua PW DMI Provinsi DKI Jakarta, almarhum KH. Syamsuddin.

“Mudah-mudahan, almarhum Kiai Siddiq Fauzie dan Kiai Syamsuddin mendapat khusnul khatimah, lahumul Faatihah,” imbuhnya.

Dalam Musda VI ini, turut hadir 10 orang undangan dan peninjau, antara lain Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Derah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Drs. KH. Ma’mun Al Ayyubi, Wali Kota Administrasi Jaksel, H. Tri Kurniadi, SH, M.Si., dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (PD) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Administrasi Jaksel, KH. Muhammad Idris Saikin.

Ketua PW DMI Provinsi DKI Jakarta dan Wali Kota Jaksel juga berkenan memberikan sambutan dalam Musda VI ini. Bahkan Wali Kota Tri Kurniadi secara resmi membuka Musda VI ini dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani