DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan Pimpinan Daerah (PD) DMI Kota Jakarta Utara bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Astra telah menyelenggarakan kegiatan bertajuk Silaturrahim dan Seminar Manajemen Masjid Se-Jakarta Utara: Masjid Rahmatan Lil Alamin pada Ahad (20/8).

Kegiatan ini berlangsung di Masjid Astra, Jalan Gaya Motor, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara (Jakut), serta didukung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, dan PT. Elsiscom Prima Karya, Tbk.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua PW DMI DKI Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi. Ia juga memberikan kata sambutan bersama-sama Ketua DKM Masjid Astra. Acara ini ditutup secara resmi oleh Ketua PD DMI Kota Jakarta Utara, Ustaz H. Muhammad Yusuf.

Terdapat empat jenis materi yang disosialisasikan dalam kegiatan ini, yakni Materi I: Mengenal Masjid Astra Lebih Dekat, Materi II: Masjid Sebagai Pintu Rahmatan Lil A’lamin, dan Materi III: BPJS Ketenagakerjaan untuk Marbot Masjid, dan Materi IV: Workshop Merakit dan Memelihara Sound System Masjid.

Materi I disampaikan oleh Ketua DKM Masjid Astra, dan materi II dibawakan oleh Ustaz Dr. H. Ahmad Alim, Lc., M.A., lalu materi III disosialisasikan oleh staf BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, serta materi IV disampaikan oleh Tim Akustik PP DMI, Drs. H. Musfidarizal, M.M., dan staf dari PT. Elsiscom Prima Karya, Keto Pangulu.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini berlangsung hingga waktu azan Ashar berkumandang. Adapun praktek perakitan sound system masjid dilakukan setelah para peserta menunaikan ibadah sholat Zuhur berjama’ah dan makan siang bersama di teras masjid Astra. Para peserta pun terlihat aktif untuk bertanya kepada para narasumber. Khususnya, dalam sesi perakitan sound system masjid.

Terlihat pula dua unit mobil pemelihara akustik yang sedang parkir di halaman Masjid Astra, sebagai bentuk sosialisasi program DMI kepada pengurus, jama’ah, dan masyarakat di sekitar masjid. Kegiatan ini diiringi dengan acara bersalam-salaman, secara bergantian, antar para peserta dengan pemateri dan panitia.

Sholawat Nabi pun berkumandang secara spontan dari para peserta, mengiringi acara bersalam-salaman di acara ini. Kemudian saat azan Ashar berkumandang, seluruh peserta pun bersama-sama menunaikan ibadah sholat Ashar berjama’ah.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani