DMI.OR.ID, JAKARTA – Islam adalah agama yang Rahmatan lil A’lamin, agama yang diciptakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala (SWT) untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam semesta.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H. Syafruddin, M.SI., menegaskan hal itu pada Rabu (10/7), saat memimpin rapat pleno PP DMI di Kantor PP DMI, Jakarta.

Seperti dikutip dari laman https://www.republika.co.id, Waketum PP DMI itu mengimbau agar seluruh umat Islam, khsusnya di Indonesia, untuk bersatu.

“Jangan saling mecemooh, karena ujungnya kita adalah Islam yang Rahmatan lil A’lamin. Ini semua menuju kebaikan, tidak menuju keburukan,” tutur H. Syafruddin yang juga Menteri Prndayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) itu.

Umat Islam, lanjutnya, harus rukun dan membangun soliditas terhadap sesama umat. “Demi menjaga keutuhan bangsa, umat Islam harus rukun dalam membangun bangsa ini,” ujarnya.

Menurutnya, semua anak bangsa apapun agamanya, sukunya, atau pilihan politiknya, semua harus bersatu, rukun dan saling pengertian satu sama lain. “Termasuk juga tidak saling menjelekkan, mencemooh, apalagi saling bersengketa,” jelas H. Syafruddin.

Bangsa Indonesia, ungkapnya, memiliki potensi besar untuk menjadi negara besar. Seluruh anak bangsa, tidak hanya satu kelompok, harus bersama-sama dalam mengelola dan membangun bangsa Indonesia. “Apapun perbedaanya, apapun sukunya, agamanya, apapun pilihan politiknya sekalipun, tetapi bangsa ini harus bersatu,” tegasnya.

“Seluruh masyarakat, khususnya umat Islam, memiliki kewajiban untuk menjaga kerukunan dan bersatu padu dalam membangun bangsa. Apalagi pada tahun 2045, diperkirakan Indonesia akan menjadi lima negara dengan pendapatan terbesar di dunia,” ungkapnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani