DMI.OR.ID, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 (Corona Virus Desease 2019) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah memberikan sebanyak 4.167 karton (kardus) yang berisi 25 ribu botol pembersih lantai merk Super Sol kepada Wali Kota Bekasi, Dr. H. Rahmat Effendi, S.Sos., M.Si., pada Sabtu (4/4).

Seperti dikutup dari laman https://jakarta.tribunnews.com/, prosesi penyerahan pembersih lantai ini berlangsung di Pos Koordinasi (Posko) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi. Penyerahan barang dilakukan langsung oleh Ketua Timnas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 DMI, Drs, H. tatang Hidayat.

Bantuan botol pembersih Super Sol ini nanti akan disalurkan ke masjid-masjid di Kota Bekasi melalui koordinasi dengan Pimpinan Daerah (PD) DMI Kota Bekasi.

“Hari ini, kami menerima dua truk besar dengan isi nama barang Supersol Karbol. Kami berterimakasih kepada DMI, semoga ini bisa dilakukan (penyemprotan) disinfektan ke seluruh masjid di Kota Bekasi, khususnya masjid masjid yang dinaungi DMI Kota Bekasi,” tutur Wali Kota Bekasi, H. Rahmat Effendi dalam sambutannya.

Sedangkan Ketua Timnas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 DMI, Drs. H. Tatang Hidayat, menyatakan bahwa DMI Pusat akan menyerahkan sebanyak 25 ribu botol karbol wangi untuk membersihkan masjid-masjid di Kota Bekasi.

“Hari ini, kita serahkan karbol wangi untuk membersihkan masjid-masjid, ini kita serahkan sebanyak 25 ribu botol untuk Bekasi dan lanjut 25 ribu botol untuk Kabupaten Bandung, jadi total di Provinsi Jawa Barat ada 50 ribu botol,” ujar H. Tatang Hidayat saat memberikan kata sambutan.

H. Tatang Hidayat pun berharap agar puluhan ribu botol karbol ini nanti dapat didistribusikan ke seluruh masjid di Kota Bekasi maupun di wilayah lain yang membutuhkan.

“Kami berikan titipan dari ketua umum DMI, Bapak Muhammad Jusuf Kalla. Harapan kami bahwa karbol ini bisa disalurkan kepada seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang ada di Jawa Barat, khususnya Kota Bekasi,” ucapnya.

Selama pandemi COVID-19 ini, lanjutnya, kebersihan masjid harus tetap dijaga agar setiap jamaah dapat beribadah dengan tenang dan nyaman.

“Dimanfaatkan secara optimal untuk kebersihan masjid, supaya masjid sebagai tempat ibadah aman untuk dijadikan tempat para jamaah melaksanakan ibadah,” jelas Drs. H. Tatang Hidayat yang juga Bendahara PP DMI itu.

Menurutnya. DMI telah melakukan sejumlah kegiatan demi memerangi penyerbaran virus corona. Antara lain dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di masjid-masjid yang masuk ke wilayah zona merah.

“PP DMI di bawah pimpinan Bapak H. Muhammad Jusuf Kalla mempunyai kepedulian yang sangat mendalam, wabil khusus untuk masjid-masjid yang ada di bawah binaan DMI,” ucap H. Tatang Hidayat.

Untuk tahap pertama, lanjutnya, DMI telah melakukan penyemprotan di daerah merah yang terkena wabah virus, terutama di Jakarta, dan nanti akan menyusul di kota penyangga Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Anggota Timnas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 DMI