DMI.OR.ID., JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP)  Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah Menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Tentang Sosialisasi Empat Pilar di Masjid-Masjid Bersama DMI  dengan Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada Rabu (2/5) pagi.

Acara ini berlangsung di Ruang Nusantara V, Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)-MPR RI, Kota Jakarta Selatan. Berdasarkan jadwal acara yang diterima DMI.OR.ID, MoU ini ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol). Drs. H. Syafrudin, M.Si., dan Ketua MPR RI, Dr. (H.C.) H. Zulikfli, S.E., M.M.

Prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman juga disaksikan langsung oleh Ketua-Ketua PP DMI, yakni Drs. H. Muhammad Natsir ZubaidiDrs. H. Andi Mappaganty, M.M., dan Prof. Dr. dr. H. Fachmi Idris, M.Kes.

Hadir juga Sekretaris PP DMI, Ir. Hj. Jaorana Amiruddin, M.Si., Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida, dan Sekretaris Departemen Pemberdayaan Ekonomi dan Kewirausahaan PP DMI, Ir. H. Sugijono, S.E., serta Anggota Departemen Kebersihan dan Sanitasi Lingkungan PP DMI, Agung Prihatna, S.Sos., M.Kessos.

Turut hadir Sekretaris Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid PP DMI, Ahmad Syarifuddin, Anggota Departemen Dakwah, Ukhuwah, dan Sumber Daya Keummatan PP DMI, Ustaz H. Imam Turmudi, S.Ag., dan Direktur Program PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.A.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan Peluncuran Buku berjudul Pak Timur, Perintis Pendidikan Islam, Menbangun Peradaban Bangsa, yang ditulis oleh Ketua PP DMI, Ustaz Natsir Zubaidi, yang juga Sekretaris Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Pusat.

“Alhamdulillah, MoU, Sosialisasi 4 Pilar, dan peluncuran buku Pak Timur, Ketua Dewan Masjid Asia Pasific yang juga perintis pendidikan Islam, telah berjalan lancar dan sukses,” tutur Ustaz Natsir dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Rabu (2/5) malam.

Acara ini, lanjutnya, dapat terlaksana berkat kerjasama semua pihak serta doa kita semua “Semoga menjadi amal baik yang diterima oleh Allah SWT. dalam upaya menjadikan masjid sebagai pusat peradaban dan pemersatu umat dan bangsa,” paparnya.

Sebelumnya, kegiatan ini dimulai dengan pembacaan kalam ilahi, Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 10-13. Kemudian, acara berlanjut dengan Sosialisasi Empat Pilar oleh Ketua MPR RI.

“Dengan penandatanganan MoU ini, maka DMI bersama-sama MPR RI akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Sosialisasi Empat Pilar di sejumlah daerah,” tutur Hj. Jairana Amiruddin pada Selasa (1/5) siang, saat diwawancarai DMI.OR.ID di Gedung DPR-MPR RI.

Adapun Pimpinan Wilayah (PW) dan Pimpinan Daerah (PD) DMI yang ingin menyelenggarakan sosialisasi empat pilar, lanjutnya, bisa mengajukan surat permohonan ke PP DMI. “Termasuk penyelenggaraan Training of Trainer (ToT) bagi pengurus DMI yang akan mensosialisasikan empat pilar di daerahnya masing-masing, ” imbuhnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani