DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) berharap agar Konferensi TIngkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) V Organisasi Konferensi Islam (OKI) dapat menghasilkan resolusi, deklarasi, atau komunike bersama untuk mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, M.A., menyatakan hal itu pada Jumat (4/3) sore, saat diwawancarai DMI.OR.ID di Sekretariat PP DMI, Jakarta.

“Saya berharap agar KTT LB V OKI ini dapat berhasil, sukses, dan menghasilkan suatu deklarasi, resolusi, atau komunike bersama yang mantap dalam mendukung sepenuhnya agenda menuju kemerdekaan Palestina, tidak setengah hati,” tutur Imam pada Jumat (4/3) sore.

Sebagai tuan rumah KTT LB V OKI, lanjutnya, Indonesia merupakan negara yang tetap konsisten mendukung penuh kemerdekaan Palestina sekaligus negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. “Itu sebabnya KTT OKI ini sangat strategis,” tegasnya.

Imam juga mensinyalir masih banyaknya negara-negara OKI yang secara ekonomi masih sangat tergantung pada negara adidaya seperti Amerika Serikat (AS).

“Banyak negara-negara OKI yang kaya minyak tetapi masih dibayang-bayangi (intervensi) oleh AS,” ungkapnya.

Padahal, jelasnya, AS memiliki keterikatan ideologi yang kuat dengan Israel dalam segala bidang. “Bahkan ada lobi Israel yang sangat kuat di AS, namanya American Israel Public Affairs Committe (AIPAC),” paparnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani