DMI.OR.ID, PALEMBANG – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang usaha bersama kedua pihak untuk mengembalikan fungsi dan peran masjid sebagai pusat kegiatan umat.

MoU ini ditandatangani langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Sumsel, Dr. Ki Agus (Kgs) H. Bukhori Abdullah, M.Hum., dan Kepala Kantor Wiayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel, H. Muhammad Al-Fajri Zabidi, S.Pd., M.M., M.Pd.I. pada Jumat (20/1) di Kantor Kemenag Sumsel.

Tepatnya, dalam kegiatan bertajuk Launching Penyerahan Mobil Akustik Masjid dan Penandatanganan Nota Kesepahaman PW DMI Sumsel dengan Kanwil Kemenag Sumsel pada Jumat (20/1), bertepatan dengan 22 Rabi’ul Akhir 138 H.

Seperti dikutip dari laman www.republika.co.id, Nota Kesepahaman ini juga meliputi bantuan dari Kemenag Sumsel atas pembiayaan satu unit mobil akustik masjid DMI yang akan beroperasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel.

“Kerja sama ini merupakan bentuk sinergitas antara DMI dengan Kanwil Kemenag Sumsel. Adapun bantuan moil akustik ini merupakan program ungulan dari DMI Pusat yang dipimpin oleh Bapak Muhammad Jusuf Kalla yang juga Wakil presiden (Wapres) RI,” tutur Ustaz Bukhori.

Bantuan mobil akustik untuk DMI Kabupaten OKI ini, lanjutnya, merupakan bantuan mobil yang keempat di Provinsi Sumsel. “Sebelumnya, DMI telah memberikan bantuan mobil akustik untuk DMI Kota Lubuk Linggau, DMI Kabupaten Ogran Komering Ulu (OKU) Timur, dan DMI Kota Palembang,” paparnya.

Ustaz Bukhori pun berharap kepada Kakanwil Kemenag Sumsel itu untuk dapat memfasilitasi dan mendukung pembentukan DMI di kabupaten-kabupaten yang belum ada pengurusnya. “Termasuk mengganti pengurus DMI yang sudah habis masa jabatannya,” ungkapnya.

Pernyataan senada diungkapkan Kakanwil Kemenag Sumsel, H. Muhammad Al-Fajri Zabidi, saat memberikan kata sambutan dalam prosesi pemberian mobil akustik masjid dari DMI Sumsel kepada DMI Kabupaten OKI.

“Bantuan dari DMI yang dipimpin oleh Wapres Jusuf Kalla ini merupakan kebijakan, keinginan, dan harapan berkreasi, serta kreatifitas dari PP DMI untuk menghiasi prestasi dan kemajuan umat,” jelas Ustaz Al-Fajri.

Bantuan ini, lanjutnya. harus disambut dalam bentuk kerja nyata oleh DMI Kabupaten OKI. Dengan adanya fasilitas kendaraan ini, DMI dapat melakukan pembinaan manajemen sekaligus menjadi stimulus bagi pengurus masjid.

Al-Fajri pun berpesan kepada pengurus DMI Kabupaten OKI agar mobil akustik ini jangan digunakan untuk keliling-keliling.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani