DMI.OR.ID, JAKARTA – Tim Program Akustik Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah mengoperasikan 100 unit mobil pemelihara akustik DMI di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menunjang kegiatan revitalisasi akustik masjid oleh DMI.

Anggota Tim Program Akustik PP DMI, Musfidarizal, S.E., M.M., menyatakan hal itu pada Jumat (5/7) sore, saat diwawancarai DMI.OR.ID.

“Terdapat 100 unit mobil pemelihara akustik masjid di berbagai wilayah Indonesia. Rinciannya ialah 16 unit mobil di Provinsi Jawa Timur (Jatim), tujuh unit mobil di Jawa Tengah (Jateng), serta enam unit mobil masing-masing di Sumatera Utara (Sumut), dan Sumatera Selatan (Sumsel),” tutur Musfidarizal pada Jumat (5/7).

Selain itu, lanjutnya, terdapat lima unit mobil pemelihara akustik masjid, masing-masing di Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jambi, dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kemudian, ungkapnya, terdapat empat unit mobil pemelihara akustik masjid, masing-masing di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Lampung. “Lalu ada tiga unit mobil pemelihara akustik masjid, masing-masing di Provinsi Kepulauan Riau, Riau, Aceh, dan Nusa Tenggara Batat (NTB),” imbuhnya.

Selain itu, imbuhnya, terdapat pula dua unit mobil pemelihara akustik masjid, masing-masing di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kalimantan Barat (Kalbar), Bengkulu, Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Papua.

“Ada pula satu unit mobil pemelihara akustik masjid, masing-masing di Provinsi Papua Barat,  Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Tenggara (Sultra), Gorontalo, Sulawesi Utara (Sulut), Kalimantan Tengah (Kalteng),  Kalimantan Timur (Kaltim), dan Kalimantan Utara (Kaltara), serta Banten,” ujarnya.

Menurutnya, persebaran mobil operasional akustik masjid ini sesuai dengan data terakhir pada Juni 2019. “Bahkan 50 unit mobil pemelihara akustik masjid telah beroperasi sejak tahun 2013. Jadi harus waspada saat operasional  dan ekstra hati-hati dalam perawatan mobil, ” ucapnya.

Tim Program Akustik PP DMI, paparnya, juga mengoperasikan empat unit mobil pemelihara akustik masjid yang beroperasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani