DMI.OR.ID, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta akan memberangkatkan umrah sebanyak 50 penjaga masjid (marbot) di Jakarta pada akhir tahun 2016 nanti secara gratis. Mereka tidak akan dipungut bayaran apa pun.

Seperti dikutip dari laman http://www.republika.co.id/, 50 marbot yang akan berangkat umrah itu berasal dari lima wilayah kota dan kabupaten di DKI Jakarta. Mereka akan diberangkatkan bersama-sama ke tanah suci Mekah pada awal November 2016.

Dalam sambutannya, Ketua PW DMI DKI Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi, menyatakan 50 marbot yang akan berangkat umrah itu telah memenuhi persyaratan dan melewati seleksi ketat yang dilakukan oleh DMI DKI Jakarta.

“DMI DKI Jakarta telah melakukan seleksi terhadap 50 marbot yang akan diberangkatkan umrah itu. Beberapa persyaratan juga harus dipenuhi, diantara sudah bekerja sebagai marbot selama minimal lima tahun,” tutur Kiai Makmun pada Kamis (27/10) saat memberikan sambutan.

Persyaratan lainnya, lanjutnya, ialah marbot harus mampu menghafal minimal 10 surat pendek dalam Al-Qur’an dan memiliki rekening di Bank DKI. “Syarat ketiga, ialah bisa adzan dan bisa menjadi imam shalat. Marbut juga harus hafal surat pendek minimal 10 surat,” jelas Kiai Makmun.

Menurutnya, saat ini masih ada ribuan marbot di DKI Jakarta yang menunggu untuk diberangkatkan umrah.Seedangkan Untuk tahun depan (2017), Pemprov. DKI telah mengalokasikan anggaran untuk memberangkatkan umrah sebanyak 60 marbot.

“Namun, sebetulnya memang masih banyak marbot yang belum mendapatkan kesempatan itu,” ungkapnya saat memberikan sambutan di acara bertajuk Pelepasan Umrah Marbut Masjid di Balai Kota DKI Jakarta.

Hingga kini. ucapnya, jumlah marbot yang diberangkatkan umrah oleh Pemprov DKI Jakarta terus meningkat dari tahun ke tahun, sejak tahun 2014 lalu hingga tahun 2016 ini.

“Tahun 2014, marbut yang berangkat umrah sebanyak 30 orang, tahun 2015 nambah 40 orang, dan tahun 2016 ada 50 marbut yang berangkat umrah. Insya Allah tahun 2017, akan bertambah lagi marbut yang diberangkatkan (untuk) umrah,” paparnya seperti dikutip dari laman http://megapolitan.kompas.com/.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Pelaksana Tugas (Plt). Gubernur DKI Jakarta, Dr. H. Soni Sumarsono, M.D.M., Ketua PW DMI DKI Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi, Ketua Pimpinan Pusat (PP) DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H. Andi Mappaganti, M.M., dan Gubernur DKi Jakarta Non-Aktif, Ir. Basuki Tjahaja Poernama, M.M.

Penulis: Muhamamd Ibrahim Hamdani