DMI.OR.ID, SIDOARJO – Bagi pengurus masjid, ukuran pengabdian yang tertinggi adalah hanya kepada Allah Subhanahu Wata’ala (SWT). Pengabdian selanjutnya bagi pengurus masjid ialah kepada masyarakat. Apalagi pengurus masjid itu tidak mendapat honor dan gaji bulanan, melainkan hanya pujian saja. Bahkan ucapan terima kasih saja kita tidak ingin.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H. Imam Addaruquthni, M.A., menyatakan hal itu pada Selasa (25/6) pagi. Tepatnya saat memberikan kata sambutan dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) VI DMI Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Acara ini mengangkat tema Penguatan Kinerja DMI dalam Melaksanakan Peran dan Fungsi Masjid Menuju Pemberdayaan Umat dan berlangsung di Hotel Utami, Sidoarjo, Jatim.

“Para pengurus masjid harus berjuang dengan penuh semangat yang berkobar-kobar untuk memakmurkan masjid. Semangat pengurus masjid yang berkobar-kobar itu harus terus kita galakkan di wilayah-wilayah. Ukuran pengabdian pengurus masjid yang tertinggi hanya kepada Allah SWT. Selanjutnya adalah pengabdian kepada masyarakat,” papar H. Imam pada Selasa (25/6).

Menurutnya, masjid haruslah membawa rahmat kepada jama’ahnya. Memasuki usia ke 47 tahun ini, hendaknya milad DMI diperingati secara sederhana. DMI lahir pada 22 Juni 1972, bertepatan dengan 10 Jumadil Ula 1392 Hijriah. “Terima kasih atas semua pihak yang telah membantu DMI, termasuk Pemerintah Provinsi Jatim,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial (Kessos) – Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Timur (Jatim), Dr. H. Hudiyono, M.Si., dengan memukul gong tiga kali.

Prosesi pembukaan ini disaksikan langsung oleh Ketua PW DMI Provinsi Jatim, Drs. KH. Muhammad Roziqi, M.M., M.B.A., dan Sekretaris PP DMI, KH. Syaifuddin Nawawi, S.H., serta Direktur Program PP DMI,Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Ag. Ketua PW DMI Jatim, H. Muhammad Roziqi, juga memberikan kata sambutan. Adapun sambutan tertulis Gubernur Jatim dibacakan oleh H. Hudiyono.

Dalam prosesi pembukaan ini, juga diberikan secara simbolis berupa uang kehormatan kepada 11.000 imam masjid se-Jatim, dengan rincian satu masjid satu imam. Masing-masing imam masjid menerima senilai Rp 2 juta. Uang kehormatan ini diberikan secara simbolis oleh Ketua PW DMI Jatim dengan disaksikan unsur-unsur PP DMI yang hadir dan seluruh peserta Muswil VI DMI Jatim.

Dalam acara Muswil VI DMI Jatim ini, turut ditandatangani Nota Kesepahaman (Mount of Understanding/ MoU) antara PW DMI Jatim dengan PT. Penguin Indonesia

Menurut Sekretaris PW DMI Jatim, Drs. H. Suhadi, Muswil VI DMI Jatim ini dihadiri oleh 300 peserta aktif dan peserta peninjau. Peserta aktif terdiri dari perwakilan PP DMI, PW DMI Jatim, Pimpinan Daerah DMI Kabupaten/ Kota se-Jatim, badan otonom DMI Jatim, dan pengurus Masjid Agung Kabupaten/ Kota se-Jatim.

“Sedangkan peserta peninjau dihadiri oleh perwakilan pengurus masjid wisata dan transit se-Jatim, pengurus masjid potensial se-Jatim, pengurus masjid nasional al-Akbar, serta peninjau dari organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam lainnya,” tutur H. Suhadi pada Selasa (25/6) sore kepada DMI.OR.ID.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani