DMI.OR.ID, LOMBOK UTARA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H. Imam Addaruquthni, M.Si., telah meresmikan Masjid Nurul Hidayah yang berlokasi di Dusun Jelantik, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (23/8).

Masjid ini dibangun di lokasi terdampak bencana alam gempa bumi. Bencana ini terjadi secara beruntun sejak 29 Juli 2018 hingga 19 Agustus 2018. Masjid ini dibangun atas kerja sama antara Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Human Initiative dengan Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Pengembangan Arsitektur dan Infrastruktur Masjid PP DMI.

Dalam keterangan tertulis kepada DMI.OR.ID, Ahad (25/8) pagi, Ketua Departemen Kominfo, Pengembangan Arsitektur dan Infrastruktur Masjid PP DMI, Ir. H. Achmad Sugiarto, M.M., memberikan apresiasi positif terhadap kontribusi PKPU Human Initiative dalam pembangunan Masjid Nurul Hidayah di Lombok Utara.

“Terima kasih dukungan PKPU Human Initiative atas peresmian Masjid Nurul Hidayah di Lombok Utara, Provinsi NTB. Semoga semua niat baik hingga terlaksananya peresmian Masjid Nurul HIdayah ini bermakna bagi masyarakat sekitar dan menjadi pahala buat kita semua. Aamiin,” papar Achmad.

Ir. Achmad Sugiarto pun berharap agar kerja sama antara DMI dan PKPU Human Initiative ini dapat berlanjut di masa depan. “Insya Allah, kerja sama ini akan berlanjut untuk membangun masjid-masjid di Indonesia dan negeri minoritas Muslim lainnya,” imbuhnya.

Seperti dilansir dari laman https://papua.antaranews.com/, prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Hidayah itu dilakukan sejak Jumat (8/2) lalu oleh pejabat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan warga setempat.

Dalam sambutannya Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi NTB, Dr. Ir. H. Mashur, M.S., berharap agar pembangunan Masjid Nurul Hidayah ini dapat bermanfaat bagi para korban terdampak bencana gempa bumi (penyintas) dan masyarakat sekitar.

“Harapannya, denga dibangunnya Masjid Nurul Hidayah ini, jama’ahnya semakin ramai. Mari kita memakmurkan dan dimakmurkan masjid, baik tu buat pengurus masjid, jama’ah, dan warga sekitar,” tutur Dr. Mashur pada Jumat (8/2).

Sedangkan Camat Kayangan, H. Mohamad Thohir, S.H., menyatakan bahwa pembangunan fasilitas ibadah di Pulau Lombok merupakan bagian dari tahap pemulihan pascabencana yang dilakukan oleh PKPU Human Initiative.

“Semoga selama proses pembangunan, masjid ini berjalan dengan baik dan lancar,” imbuh H. Mohammad Thohir saat meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Hidayah.

Sedangkan Penasehat PKPU Human initiative, H. Djafar Husein, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mempercayakan pihaknya untuk mengelola bantuan ini.

“Sampai saat ini, PKPU Human Initiative telah mendirikan 10 masjid inisiatif di berbagai wilayah di Lombok. PKPU Human Initiative juga menyalurkan berbagai bantuan kemanusiaan untuk para penyintas di wilayah terdampak bencana gempa bumi,” jelasnya.

PKPU Human Initiative, lanjutnya, juga mengajak seluruh masyarakat untuk berkontribusi aktif dengan menyalurkan donasi melalui website http://www.solusipeduli.org.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani