DMI.OR.ID, JAKARTA – Program revitalisasi (pembenahan) akustik masjid termasuk kegiatan duniawi (sekuler), namun bermakna ukhrowi (ahirat) karena manfaatnya yang sangat besar bagi umat Islam, tidak peduli apa pun aliran dan madzhabnya. Seluruh ummat Islam (muttafaq alaih) dari madzhab, pemikiran dan aliran apa pun mendukung program revitalisasi akustik masjid ini.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., menyatakan hal itu pada Selasa (8/9) siang di Masjid Istiqlal, Jakarta, dalam acara Serah Terima 50 Unit DAIHATSU Gran Max.

“Saya kira, pandangan Pak Jusuf Kalla (JK) terhadap pembenahan akustik masjid itu sangat rasional meskipun terlihat begitu pragmatis karena seluruh ummat Islam mendukung program ini (muttafaq alaih), apa pun aliran, dan madzhabnya. Meskipun ini program sekuler, tetapi sesungguhnya mempermudah ummat untuk pesan keagamaan,” tutur Kiai Masdar pada Selasa (8/9) siang.

Kiai Masdar pun berharap dengan tambahan 50 unit mobil GranMax Daihatsu ini dapat memenuhi kebutuhan program akustik DMI, baik di pusat maupun daerah. “Saya gembira menyaksikan penyerahan 50 unit mobil ini. Untuk di Pulau Jawa saja, butuh lebih dari 100 mobil kalau programnya mau fokus,” ungkapnya.

Saat ini, lanjutnya, DMI masih mengalami keterbatasan mobil akustik sehingga fokus di Pulau Jawa dahulu, dimana satu desa bisa terdapat lima masjid. Jadi, mobil akustik di satu kabupaten bisa lebih menjangkau lebih banyak masjid lagi. “Kalau di luar Pulau Jawa, jaraknya berjauhan dan biaya operasional jauh lebih besar,” jelasnya.

Menurutnya, masih banyak masjid di Indonesia yang kualitas akustiknya tidak baik karena tangan-tangan pengurus masjid yang kurang terampil sehingga pesan-pesan keagamaan tidak sampai dengan baik kepada ummat karena tidak tertangkap telinga. “Kualitas akustik tidak tergantung pada mahalnya perawatan sound system, tetapi penataan akustik dengan tangan-tangan terampil,” ujarnya.

“Kami bergembira dengan peristwa ini, dengan kesempatan yang baik ini. Semoga masjid yang dapat diperbaiki akustiknya semakin banyak dengan tambahan mobil ini,” ucapnya.

Dalam acara ini turut hadir Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Drs. H. Rudiantara, MBA., yang juga Ketua Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Luar Negeri PP DMI, Ketua PP DMI, DR. Dr. H. Fachmi Idris, M.Kes., dan Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, dan Sekretaris PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh.

Hadir pula Bendahara PP DMI, H. Syaifuddin Nawawi, SH., dan Dra. Hj. Dian Artida, Ketua dan Sekretaris Departemen Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Drs. KH. A. Manan A. Gani dan Drs. H. Khusnul Khuluk, MM., dan Ketua Departemen Pengembangan Ekonomi Umat dan IPTEK, Ir. H. Iskandar Sulaiman, MM.

Hadir juga Sekretaris Departemen Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Ummat PP DMI, Drs. H. Erizal Rivi, APTH, serta anggota Departemen Kominfo, Hubla dan Luar Negeri PP DMI, Ir. H. Mu’man Diaz.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani