DMI.OR.ID, SIAK – Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Riau, Dr. H. Masyhuri Putra, Lc., M.A., telah mengukuhkan kepengurusan Pimpinan Daerah (PD) DMI Kabupaten Siak Masa Bakti 2017-2022 pada Kamis (23/2) di Auditorium Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak.

Seperti dikutip dari laman https://riau.kemenag.go.id, acara ini dihadiri oleh Bupati Siak, Drs. H. Syamsuar, M.M., dan Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Siak, Drs. H. Muharom., serta Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Provinsi Riau, H. Abdurrozaq, M.M.

Dalam sambutannya, Ketua PW DMI Riau, Dr. Masyhuri Putra, menyatakan bahwa masjid ialah titik awal untuk membangun kembali peradaban Islam. “Jika kita ingin membangun peradaban Islam kembali, maka kita harus memulainya dari masjid, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW,” tutur H. Masyhuri.

Hal ini, lanjutnya, merupakan tugas berat yang harus dijalankan dengan penuh kesungguhan, khususnya oleh pengurus DMI Kabupaten Siak. Pernyataan senada diungkapkan oleh Bupati Siak, Drs. H. Syamsuar, agar para pengurus DMI benar-benar berupaya memakmurkan masjid.

“Diharapkan, pengurus (DMI) yang baru dapat merumuskan kurikulum yang bijak terkait bagaimana cara untuk memakmurkan masjid dan saling bersinergi dalam menguatkan dakwah Ismiyah di tengah-tengah ummat,” tutur H. Syamsuar pada Kamis (23/2).

Menurutnya, saat ini, motivasi orang untuk memakmurkan masjid sangat rendah. Karena itulah dibutuhkan peran DMI untuk menguatkan kembali motivasi itu. “Kami akan mendukung semua program DMI dan MDI Kabupaten Siak demi kemaslahatran ummat,” ungkapnya.

Prosesi pengukuhan kepengurusan DMI Kabupaten Siak ini dilakukan bersamaan dengan pengukuhan kepengurusan MDI Kabupaten Siak. Acara ini dimulai sejak pukul 10:00 WIB dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an oleh qari’Kasrizul, S.H.I.

Acara ini berakhir Pukul 11.30 WIB dengan pembacaan do’a oleh Kepala Seksi Bimbingan Islam Kantor Kemenag Kabupaten Siak, H. Ahmad Muhaimin, S.Ag.

Sedangkan Ketua PW MDI Provinsi Riau, H. Abdurrozaq, berharap agar MDI dapat bersinerg dengan DMI untuk mencapai target dakwah yang terlah dirumuskan bersama. ”Baik MDI dan DMI harus bisa saling bahu-membahu untuk tercapainya target dakwah yang telah kita rumuskan,” tegasnya.

Jangan sampai, lanjutnya, muncul rasa ego sehingga menyebabkan DMI dan MDI kehilangan visi bersama, yakni membangun dakwah umat di era global saat ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani