DMI.OR.ID, SURABAYA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan memperbaiki akustik di 50 masjid yang tersebar di empat kabupaten dan kota di Jawa Timur (Jatim), yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Mojokerto.

Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Jatim, Drs. H. Suhadi, menyatakan hal itu dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Rabu (10/2) pagi.

“Kegiatan revitalisasi akustik masjid ini merupakan bagian dari  Pelatihan Peningkatan Akustik Masjid se-Indonesia yang diselenggarakan pada Senin (8/2) hingga Rabu (17/2) di Balai Pendidikan dan Latihan (Diklat) Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jatim, Jalan Ketintang Madya, Surabaya,” tutur Suhadi pada Rabu (10/2 pagi.

Program ini, lanjutnya, akan dilakukan setelah praktek di kelas selama empat hari, tepatnya di hari kelima, dalam bentuk praktek di lapangan dengan mengunjungi dan memperbaiki speaker di 50 masjid itu.

Menurutnya, PW DMI Provinsi Jatim telah mengirimkan 10 orang peserta dalam acara ini. “Kami atas nama semua Pengurus DMI Wilayah Jawa Timur dan seluruh panitia pelatihan memohon ma’af apabila ada kekhilafan,” ungkap Suhadi yang juga Ketua Panitia wilayah Jawa Timur untuk acara ini.

Sedangkan tim teknisi akustik utusan DMI Provinsi Sumut sebanyak tiga orang, Lampung sebanyak empat orang, Sumatera Selatan (Sumsel) sebanyak tiga orang, Kepulauan Riau (Kepri) sebanyak tiga orang, dan Jambi sebanyak tiga orang.

Adapun PW DMI Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sebanyak tiga orang, Kalimantan Timur sebanyak tiga orang, Kalimantan Utara (Kaltara) sebanyak tiga orang, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak tiga orang, dan Gorontalo sebanyak dua orang, serta Kalimantan Selatan (Kalsel) sebanyak tiga orang.

Hadir pula tiga orang tim teknisi akustik utusan PW DMI Provinsi Aceh, tiga orang tim teknisi dari Bengkulu, dan tiga orang tim teknisi dari Sulawesi Barat. Jumlah seluruh peserta yang saat ini telah hadir adalah 52 orang.

Kegiatan pelatihan ini juga didukung oleh PT. TOA Galva Prima dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jatim serta akan diikuti oleh 78 peserta yang merupan tim teknisi akustik utusan Pimpinan Wilayah (PW) DMI se-Indonesia.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, acara pembukaan ini dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris PW DMI Provinsi Jatim, Drs. H. Muhammad Riziqi, M.M., M.B.A., dan Drs. H. Suhadi, serta Sekretaris dan Bendahara PW DMI DMI Sumatera Selatan (Sumsel), Dr. Ki Agus (K.A) Bukhori Abdullah, M.Hum., dan H. Hirzil Imani.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani