DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta pada Jumat (25/11) hingga Ahad (27/11). Kegiatan ini akan diikuti oleh perwakilan dari 33 Pimpinan Wilayah (PW) DMI se-Indonesia.

Rencananya, Rakernas DMI akan dibuka secara langsung oleh Wapres DR. H. Muhammad Jusuf Kalla di Istana Wapres, yang juga sebagai Ketua Umum PP DMI, Jakarta, pada Jumat (25/11) siang, usai ibadah sholat Jumat. Rakernas ini mengangkat tema “Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid dalam Rangka Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Umat untuk Bangsa”.

Untuk mempersiapkan agenda nasional ini, panitia Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) Rakernas DMI telah mengadakan rapat bersama pada Jumat (22/10) siang di kantor Sekretariat PP DMI, Jakarta.

Hadir dalam rapat ini Ketua Panitia SC Rakernas DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, yang juga Ketua PP DMI Bidang Sarana, Hukum, dan Waqaf, serta Ketua Panitia OC Rakernas DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.A. Hadir juga Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, M.A.

Sejumlah pengurus lainnya juga turut hadir dalam rapat ini, yakni Ketua Departemen Pengembangan Ekonomi Ummat (PEU) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) PP DMI, Ir. H. Iskandar Sulaiman, M.M., Bendahara Umum PP DMI Dr. H. Mahfud Sidik, M.Sc., dan dua bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida dan H. Syaifudin Nawawi, S.H.

Turut hadir Sekretaris Departemen Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) PP DMI, Drs. H. Khusnul Khuluk, M.M., Sekretaris PP DMI, Ir. H. Muhammad Suaib Didu, M.M., dan Anggota Departemen Kesehatan, Lingkungan Hidup, dan Kepemudaan PP DMI, dr. H. Ivan Rovian, M.K.P., serta Kepala Sekretariat DMI Pusat, H. Shouman Ramadhan.

Hadir pula Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H. Andi Mappaganti, M.M., dan Anggota Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri PP DMI, Ir. H. Muman Diaz, serta Anggota Departemen Pengembangan Potensi Muslimah dan Anak PP DMI, Dra. Hj. Helwana Fattoliya.

Diantara penguatan Program DMI, Ketua SC Rakernas, Kiai Natsir, menerangkan adanya pengembangan program unggulan seperti program Akustik Masjid, Arsitektur Masjid, Eco-Masjid, Sertifikasi Tanah Masjid, Pemberdayaan ekonomi Umat berbasis Masjid, Program Internet Manajemen Masjid, dan sebagainya”.

Sementara Ketua OC Rakernas DMI, Munawar Fuad, memaparkan bahwa Rakernas bertujuan untuk memantapkan konsolidasi organisasi berkelanjutan, program unggulan DMI, kesinambungan kerjasama strategis dan sinergis, temasuk rekomendasi strategis atas situasi dan perkembangan terkini, juga evaluasi Program Kerja”.

“Meskipun di tengah Musim Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Rakernas DMI tidak ada kaitan dengan musim agenda politik Pilkada serentak 2017, ini benar-benar program rutin organisasi yang sudah terencana sejak Muktamar dan sesuai amanah Anggaran Dasar (AD)/ Anggaran Rumah Tangga (ART) DMI,” tegas Ketua OC Rakernas DMI, Munawar Fuad Noeh.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani