DMINEWS, JAKARTA – Panitia Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional (MTN) Universitas Indonesia (UI) XIV mengapresiasi dan menyambut baik keikutsertaan DMINEWS sebagai media partner acara ini.

Hal ini terungkap dalam pertemuan audiensi antara Panitia MTQ MTN UI XIV dengan pimpinan redaksi Harian Umum Republika pada Jum’at (8/5) sore di Kantor Harian umum Republika, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, dari UI hadir Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ MTN UI XIV, Arman Nefi, S.H, M.M, yang juga Direktur Kemahasiswaan UI, Pemimpin Redaksi Tabloid UI Update, Agenda UI Terkini, Rifelly Dewi Astuti, M.M, yang juga Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI.

Hadir pula Koordinator Bidang Sekretariat Panitia Pelaksana MTQ MTN UI XIV, Ananda Ridwansyah, S.IP, Redaktur DMINEWS, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.IP, yang juga panitia Bidang Acara MTQ MTN UI XIV, serta Staf Kantor Humas dan KIP UI, Rizky.

“Saat ini, panitia terus melakukan kerja sama publikasi acara dengan berbagai media. Salah satunya dengan DMINEWS, portal online milik Dewan Masjid Indonesia (DMI), sebagai media partner,” tutur Arman pada Jum’at (8/5) sore dalam sambutannya.

Panitia, lanjutnya, mengapresiasi dan menyambut baik keterlibatan DMI sebagai media partner dalam acara ini, apalagi Ketua Umum DMI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, juga menjabat Wakil Presiden (Wapres) RI saat ini.

Arman Nefi juga berharap Harian Umum Republika dapat menjalin kerja sama dengan UI dalam hal pemberitaan kegiatan MTQ MTN UI XIV ini. “Kami berharap Republika dapat menjadi media utama dan ternama yang meliput acara ini. Apalagi Republika termasuk media terkemuka milik ummat Islam,” tutur Arman.

“Insya Allah, acara MTQ MTN UI XIV ini akan diikuti oleh lebih dari 2.500 peserta dan sekitar 750 panitia (official) resmi dari 120 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PT Swasta (PTS) di Indonesia dengan 14 cabang lomba MTQ,” ungkap Arman.

Acara ini, lanjutnya, juga berbeda dari berbagai MTQ MTN sebelumnya karena memiliki nuansa internasional. Dalam berbagai acara pendukung, akan tampil qari dan qari’ah internasional dari sejumlah negara Muslim seperti Saudi Arabia, Brunei Darussalam, Malaysia, Turki, Yordania dan lain-lain.

“Mudah-mudahan, acara ini dapat menambah semarak syiar agama Islam di Kampus UI dengan dukungan Republika. Panitia juga akan menampilkan acara-acara pendukung seperti pameran buku, pentas seni dari negara-negara Muslim, pagelaran Busana Muslim, Hijab, Seminar Alquran, dan pawai ta’aruf, serta sarasehan seluruh Pembantu Rektor (Purek) III di Indonesia,” paparnya.

Arman pun mengikuti dan mengetahui sejarah berdirinya Republika hingga saat ini, sejak pertama kali terbit tahun 1993 dan memiliki berbagai produk lainnya selain koran sejak 1996, seperti Republika Online, majalah, kolom, cerita bersambung, penerbitan buku, hingga televisi.

“Saya mengikuti perkembangan Republika sejak masa awal dilahirkan oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), kepemilikan saham oleh publik sebesar Rp 1.000 per orang, hingga keemilikan saham oleh Swasta hingga sekarang. Bahkan nama Republika diberikan secara langsung oleh Presiden Soeharto,” ungkap Arman saat mengenang perjalanan sejarah Republika.

Dalam acara ini, Redaksi Harian Umum Republika diwakili oleh Wakil Redaktur Pelaksana (Waredpel), Nur Hasan Murtiaji, Asisten Redaktur Pelaksana (Asrdpel), Heri Ruslan, Asredpel, EH Ismail, Staf Redaksi, Andi Nur Aminah, Staf Redaksi, Hafidz Muftisani dan sejumlah reporter dan fotografer Republika lainnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani