DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menyampaikan Pernyataan Duka, Imbauan dan Seruan Shalat Ghaib kepada seluruh Korban Gempa Bumi dan Tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada Kamis (4/10).

Pernyataan tertulis dengan No. 207/PP DMI/A/X/2018 ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP DMI, Dr. (H.C.) H. Muhammad Jusuf Kalla, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, M.A. Terdapat enam poin pernyataan PP DMI dalam surat tertulis itu.

Image may contain: text

Pertama, PP DMI beserta seluruh jajaran Pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting dengan seluruh anggotanya di seantero Indonesi menyatakan duka mendalam atas bencana gempa bumi dan tsunami yang telah menelan ribuan korban Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Teriring do’a, semoga seluruh keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran, serta Allah Subhanahu Wata’ala (SWT) berkenan menerima hamba-hamba-Nya yang kembali ke haribaan-Nya.

Kedua, PP DMI mendukung berbagai upaya pemerintah beserta segenap masyarakat, relawan, serta berbagai kelompok masyarakat sipil dan warga negara RI pada umumnya dalam upaya pencarian korban, pemberian bantuan, dan kedaruratan.

Harapannya, masyarakat korban bencana dapat terhindar dari kemungkinan krisis kebutuhan dasar masyarakat.

Ketiga, PP DMI mendukung berbagai upaya pemerintah dalam rangka menyediakan (supply) kebutuhan pokok logistik seperti bahan pangan dan bantuan layanan kesehatan umum.

Keempat, PP DMI mendukung pemeirnrah untuk segera melakukan langkah-langkah cepat dan tepat, terutama dalam upaya pemulihan dan rehabilitasi fasilitas publik pada umumnya. Termasuk kebutuhan sandang dan papan bagi masyarakat Palu dan Donggala yang terkena bencana.

Kelima, PP DMI mengimbau masyarakat untuk mengambil peran aktif untuk turut mengamankan pengiriman pasokan logistik sehingga mencapai sasaran masyarakat terdampak bencana.

Keenam, PP DMI mengimbau dan menyerukan kepada seluruh umat Islam khususnya dan bangsa Indonesia umumnya untuk melaksanakan Shalat Ghaib secara berjamaah di masjid-masjid dan surau-surau di seluruh Indonesia. Bagi para korban bencana, teriring do’a kiranya Allah SWT menerima mereka dan semoga bangsa Indonesia tetap mendapat perlindungan-Nya.

Keenam himbauan dan seruan ini disampaikan oleh PP DMI beserta seluruh jajaran Pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting secara terbuka dan meluas. Semoga Allah SWT meirngankan segala daya dan upaya kita. Aamiin Yaa Rabbal A’lamiin.

Image may contain: text

Menanggapi seruan PP DMI itu, Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang ada di aera bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

PRIMA DMI menerma bantuan berupa bahan makanan, pakaian layak pakai, dan tenda serta berbagai barang kebutuhan lainnya untuk dikirimkan ke daerah bencana di Sulawesi Tengah. Donasi juga bisa disalurkan melalui Rekening PRIMA DMI ke Bank Mandiri, Nomor: 7096442445, Atas Nama PP PRIMA DMI.

Untuk info dan konfirmasi bantuan, dapat menghubungi: Ahmad Syarifudin/ 081542330775 atau Muhammad Jamil/ 085396552534.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani