DMI.OR.ID, JAKARTA – Peran dan fungsi Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebagai organisasi sosial keagamaan serta Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai organisasi sosial kemanusiaan ternyata memiliki sejumlah persamaan dan perbedaan.

Wakil Presiden (Wapres) RI, DR. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI sekaligus Ketua Umum PMI, memaparkan hal itu dalam kesempatan silaturrahim dan Buka Puasa Bersama dengan jajaran PP DMI dan PMI Pusat pada Selasa (20/6) di Istana Wapres, Jakarta Pusat.

“Saya ingin berterimakasih karena selama ini, akibat kesibukan saya di pemerintahan, teman-teman di DMI dan PMI telah bekerja dengan sebaik-baiknya,” tutur Wapres Kalla seperti dikutip dari laman http://ramadhan.antaranews.com/.

Selama bulan Suci Ramadhan, lanjutnya, DMI memiliki peran penting karena kegiatan ibadah mengalami peningkatan sehingga DMI perlu memastikan kondisi masjid-masjid di Indonesia tidak mengalami kendala.

“Kalau teman-teman di PMI selama ini tenang-tenang saja, namun bencana juga ada di bulan puasa, seperti di Jawa Tengah. Jadi, tentu kita (PMI) juga mempunyai kesibukan-kesibukan,” paparnya.

Menurutnya, kegiatan kemanusiaan dan keagamaan yang dilakukan PMI dan DMI merupakan amalan ibadah yang baik.

“Mudah-mudahan pada bulan suci Ramadhan kali ini, kita selalu diberikan manfaat untuk mendapatkan hikmah dan melaksanakan kegiatan yang diberikan rahmat, dengan doa bahwa negeri ini dalam keadaan aman dan masjid tetap punya kegiatan ibadah yang baik,” ungkapnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani