DMI.OR.ID, JAKARTA – Innalillahi wa innalillahi rooji’un, segenap pengurus Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyatakan turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya DR H. Adi Sasono, seorang tokoh pemikir kerakyatan dan penggiat kemandirian masyarakat, pada Sabtu (13/8) sore, Pukul 17.20 WIB, pada usia 73 tahun, di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta.

Almarhum Adi Sasono adalah Menteri Koperasi (Menkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Kabinet Reformasi Pembangunan di era pemerintahan Presiden RI, Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng.

Almarhum juga dikenal sebagai tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tokoh ummat yang aktif di berbagai organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI), Pelajar Islam Indonesia (PII), dan pernah menjabat Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) periode 2000 – 2005.

Almarhum yang juga Komisaris Utama PT. Republika Media Mandiri ini meninggalkan seorang istri dan lima anak serta dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, pada Ahad (14/8) siang.

Semoga almarhum yang juga tokoh Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan pendiri Partai Merdeka ini khusnul khotimah, diterima seluruh amal ibadahnya dan diampuni seluruh kekhilafannya, Aamiin Yaa Robbal A’lamiin.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارْ“

“Ya Allah, Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es.

Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka”.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani