DMI.OR.ID, JAKARTA – Indonesia Syiar Network (ISN) dan Madina Moms Community (MMC) selenggarakan kegiatan Isyiar Kids Leadership Program selama dua hari, Selasa (23/6) hingga Rabu (24/6), bertepatan dengan bulan Ramadhan 1436 Hijriah di Hotel Best Western, Jakarta.

Kegiatan yang mengkombinasikan pelatihan kepemimpinan dengan nilai-nilai Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadits ini diikuti oleh 63 peserta anak-anak usia dini, terdiri dari 40 peserta laki-laki dan 23 peserta perempuan dengan rentang umurnya 6–12 tahun.

Acara dimulai sejak Pukul 10.20 WIB dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran, berlanjut dengan pengenalan dan hafalan beberapa hadist Nabi Muhammad SAW dan sesi khusus tentang nilai-nilai kepemimpinan dalam Islam berbasis Alqur’an dan Al-Hadits.

Peserta anak-anak yang sedang melakukan latihan ibadah shaum ini pun tidak lupa mendirikan sholat Dzuhur dan Ashar di sela-sela berlangsungnya acara. Kegiatan ini berakhir pada pukul 16.00 WIB, menjelang waktu berbuka puasa.

Pada hari kedua, Rabu (24/6), acara dimulai kembali sejak pukul 10.00 WIB dengan berbagai kegiatan menarik dan atraktif. Acara dimulai dengan mengulang kembali (refresh) intisari dari kegiatan hari pertama.

Acara berlanjut dengan menonton film bersama-sama serta diskusi kelompok (group discussion) untuk membahas film itu. Acara terus berlanjut dengan kegiatan kesenian dan membuat kreasi (Arts & Crafts) kartu ucapan Selamat Idul Fitri 1436 Hijriah.

Hadir pula Kak Haryo yang memandu para dalam acara story telling bertema Sharing is Caring: Berbagi Bikin Happy. Dalam program ini, para peserta juga diajak untuk memakmurkan masjid dengan tagline Leaders Go To The Mosques.

Para peserta tidak lupa mendirikan sholat berjama’ah dzuhur dan ashar bersama panitia yang juga relawan-relawan ISN, sebut saja Ranie Kashmir, Hj. Farhana Nahdi, Endah Dwiekowati, Mona Iqbal, dan tentu saja pasangan pendiri ISN, Ustadz H. Mirza Muhammad dan Hj. Ria Renny Christiana.

Mereka juga diajak mengumpulkan donasi untuk disumbangkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan (donation box) sembari mendengarkan alunan musik dari vokalis grup musik Debu, brother Mustafa, yang menyanyikan lagu Malam Ini. Kegiata ini amat penting untuk merasakan simpati dan empati terhadap orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan.

Kegiatan ini berlanjut dengan buka puasa bersama dan siraman rohani oleh Kang Rashid dari Musafir Centre pada pukul 16.00 WIB di Rumah Ilmu ISN, Tebet, Jakarta. Adapun kegiatan di Hotel Best Western berkhir pada Pukul 16.00 WIB, lalu para peserta bergabung dengan orang tua masing-masing.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani