DMI.OR.ID., JAKARTA – Jelang pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Dewan Masjid Indonesia (DMI), Pimpinan Pusat (PP)  DMI terus berkomitmen dalam penanggulangan bencana alam berupa gempa bumi di Lombok serta gempa bumi, tsunami, likuifaksi di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol). Drs. H. Syafruddin, M.Si., menyatakan hal itu  pada Kamis (22/11), dalam Rapat Pengurus Harian (PH) PP DMI di Kantor DMI, Jakarta Selatan.

Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, yang juga Wakil Ketua Steering Committee (SC)  Rakernas I DMI, dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Kamis (23/11) malam.

“Sebagai bentuk komitmen itu, PP DMI berencana akan membangun masjid-masjid semi permanen di wilayah bencana. Tujuannya agar warga terdampak bencana dapat melakukan ibadah dengan baik dan khusyu’, ” tutur Komjen. Pol.  Syafruddin yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) RI.

Sedangkan untuk pembangunan masjid-masjid permanen, lanjutnya, DMI telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU)  dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)  dan Yayasan Posko Kemanusiaan Peduli Umat (PKPU)  Human Initiative (HI).

“Selain itu, beberapa lembaga dan instansi di dalam dan luar negeri telah berkomitmen untuk membantu penanggulan bencana. Seperti Riyadh Bank, Nur Rima Al-Waali (NRA) Foundation, dan Pemerintah Kota Tangsel, ” jelasnya.

Seperti dikutip dari laman www.suaradewan.com, bantuan ini diberikan langsung oleh Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Hj. Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.Kn., kepada Waketum PP DMI, Komjem. Pol. Syafruddin. Bantuan itu bernilai sebesar Rp 1.027.000.000 dari warga Masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dalam prosesi penyerahan bantuan ini, Komjen. Pol. Syafruddin didampingi oleh Waketum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si.,  Sekretaris Jenderal (Sekjen)  PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni, M.Si., dan Ketua Pimpinan Daerah (PD) DMI Kota Tangsel, Drs. H. Heli Slamet Soemardi.

Turut Hadir Sekretaris PP DMI, dr. Ivan Rovian, M.K.P., dan Direktur Program PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Ag., dan Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida dalam rapat ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani