DMI.ORID, JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, menyatakan bahwa sebagai tempat ibadah, masjid dapat menjadi  tempat sumber inspirasi, inovasi, dan petunjuk yang berasal dari rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT).

“Termasuk Masjid Amir Hamzah yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) dan menjadi daerah seniman,” tutur H. Muhammad Jusuf Kalla pada Jumat (3/7). Tepatnya saat beliau hadi dan memberikan kata sambutan dalam peresmian renovasi Masjid Amir Hamzah di kompleks TIM, Kota Administrasi Jakarta Pusat, seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com/.

H. Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu pun mengajak pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan masyarakat, yang sering mengunjungi TIM, untuk bersama-sama memakmurkan Masjid Amir Hamzah.

“Ada dua hal terkait memakmurkan masjid, yakni membangun masjid dan meramaikan masjid,” ujar H. Muhammad Jusuf Kalla

Dalam arti luas, lanjutnya, memakmurkan masjid bukan berarti hanya datang untuk beribadah, tetapi juga memberikan manfaat duniawi kepada masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial, dan ilmu pengetahuan lainnya.

“Memakmurkan masjid bukan hanya (berarti) dalam bentuk tempat ibadah, tetapi dalam kehidupan sehari-hari (juga) memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujar H. Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) ke-10 dan ke-12 itu.

Tokoh senior sekaligus tokoh nasional yang akrab disapa Daeng Ucu itu juga menyinggung konstruksi Masjid Amir Hamzah yang berbentuk (dirancang) transparan, karena sebagian besar bangunan justru terbuat dari kaca.

“Ini merupakan masjid transparan, karena terlihat siapa-siapa mereka yang datang ke masjid dan siapa (yang) tidak datang,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua DKM Masjid Amir Hamzah, Eko Wahyu Wibowo, mengungkapkan bahwa renovasi Masjid Amir Hamzah telah direncanakan sejak tahun 2013. “Namun rencana itu baru terealisasi saat proses revitalisasi TIM tahun 2020 ini,” ucapnya.

“PT. Jakarta Propertindo (Jakpro) sedang merintis Gerakan Ekonomi Mikro Berbasis Syariah di Masjid Amir Hamzah, melalui lembaga sosialnya yang bernama Jakarta Sigap Senusa (JSS). Kami memberi nama Lembaga Mikro Ekonomi Syariah,” katanya.

Masjid Amir Hamzah ini telah diresmikan oleh Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D., pada Jumat (3/7) siang.

Turut hadir mendampingi Gubernur Anies ialah Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.B.A., dan Ketua Pimpinan Wilayah Provinsi DKI Jakarta, Drs. KH. Ma’mun Al-Ayyubi, serta para seniman ibu kota dan pengurus DKM Masjid Amir Hamzah.

Seluruh tamu undangan yang hadir, termasuk H. Muhammad Jsuf Kalla, juga mengikuti sholat Jumat berjama’ah di Masjid Amir Hamzah pada Jumat (3/7) siang.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani