Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyarankan agar masjid bisa menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19, secara massal untuk tingkat RT/RW. Mengingat kata JK, masjid memiliki sarana untuk menunjang kegiatan vaksinasi tersebut, seperti halaman dan bangunan yang luas.

Serta kata dia pengeras suara bisa digunakan untuk mengumumkan perihal pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat sekitar Masjid. Hal itu disampaikan JK saat melantik Pengurus DMI Propinsi DKI Jakarta di Balaikota Jakarta, Rabu (17/3).

“Saya harapkan agar masjid bisa menjadi tempat vaksinasi Covid-19 untuk tingkat RT/RW. Mengingat masjid memiliki sarana untuk menunjang pelaksanaan vaksinasi tersebut, seperti halaman yang luas dan bangunan yang luas serta memiliki pengeras suara sehingga bisa memberi pengumuman kepada masyarakat terkait pelaksanaan vaksin Covid-19 tersebut,” kata JK dikutip dalam keterangan pers, Rabu (17/3).

Namun JK menggarisbawahi tidak semua masjid bisa digunakan untuk tempat pelaksanaan Covid-19. Dia menjelaskan hanya masjid yang memiliki halaman dan bangunan luas yang bisa menjadi tempat vaksinasi untuk tingkat RT/RW tersebut.

“Jadi ini Masjid yang besar-besar saja yang menjadi tempat pelaksanaan vaksin Covid-19, jadi lebih mudah untuk mengaturnya,” ujar JK.

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Selain itu, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan JK mengingatkan agar masjid yang ada di Indonesia menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai menjaga jarak shaft, memakai masker, membawa sajadah sendiri, dan masjid harus tiap hari dibersihkan dengan disinfektan.

“Untuk itu, masjid masjid harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mewajibkan masker, jamaah bawa sajadah sendiri dan masjid harus tiap hari harus dibersihkan dengan disinfektan,” kata JK.

Kemudian dia juga menjelaskan DMI akan membagikan peralatan untuk menjaga kebersihan masjid tersebut. Terutama untuk wilayah yang rawan akan penularan Covid-19.

“DMI akan membagikan alat alat kebersihan kepada masjid masjid yang berada di daerah rawan Covid-19,” tandasnya.

Sumber:https://www.merdeka.com/peristiwa/jusuf-kalla-sarankan-masjid-jadi-tempat-vaksinasi-covid-19-tingkat-rtrw.html