DMI.OR.ID, JAKARTA – Kepala Kepolisian Negara (Kapolri) Jenderal Pol Drs Haji Muhammad Tito Karnavian, MA, PhD, dan tiga menteri Kabinet Kerja berkurban melalui PP Muhammadiyah, Jumat (1/9). Tiga menteri, yakni Menhan Ryamizard Ryachudu, Mendikbud Muhajir Effendy dan Men ESDM Jonan.

“Benar, tahun ini beberapa pejabat negara dan tokoh menyalurkan hewan kurbannya kepada PP Muhammadiyah,” ujar Kepala Eksekutif Kantor PP Muhammadiyah, Zaenuddin M.Si, dalam rilisnya.

Menurut dia, total hewan kurban tahun ini yang disalurkan melalui PP Muhammadiyah mencapai 12 ekor, terdiri 8 ekor sapi dan 4 kambing.

Selain pejabat negara, beberapa tokoh juga menyalurkan hewan kurbannya, seperti Megawati Soekarno Putri, Abu Rizal Bakrie, Romahurmuzi, Djan Farid, pengusaha Harry Tanoe Soedibyo, lembaga Maarif Institute, dan ada pula direktur SMP Kemendikbud.

Demi pemerataan, jelas Zaenuddin, tidak semua hewan kurban disembelih di kantor PP Muhammadiyah.

“Hanya empat sapi saja yang disembelih di PP Muhammadiyah Jakarta, yakni milik Kapolri, Menhan, Abu Rizal Bakrie dan pengusaha nasional Harry Tanoesudibyo. Selebihnya dikirim ke kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta dan yayasan serta amal usaha Muhammadiyah di daerah untuk disalurkan ke masyarakat,” jelas dia.

Menurutnya, tahun ini jumlah hewan kurban yang disalurkan melalui PP Muhammadiyah meningkat dari tahun sebelumnya. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada para pekurban yang menyalurkan kurbannya kepada PP Muhammadiyah.

Zaenuddin menambahkan, sapi kurban milik Kapolri berjenis Limousin tercatat paling besar, kurang lebih 1 ton bobotnya.

Di tempat terpisah, Ketua Umum PP Muhammadiyah yang tengah menunaikan ibadah haji, Dr Haedar Nasir, juga mengapresiasi kontribusi para pejabat dan tokoh yang berkurban melalui Muhammadiyah.

“Terima kasih kepada mereka yang telah mempercayakan kurbannya kepada Muhammadiyah. Semoga menjadi amal dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Haedar. (Hery).