DMI.OR.ID, SAMARINDA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) telah menyelenggarakan Sosialisasi Masjid Ramah Anak (MRA) Bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam Tingkat Kota pada Selasa (3/9) di Kota Samarinda.

Seperti dikutip dari laman https://ppid.samarindakota.go.id/, Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, khususnya oleh Dinas PPPA Pemkot Samarinda. Acara ini berlangsung di Hotel Selyca Mulia, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Samarinda, H. Muhammad Barkati, S.Sos., M.Hum. Ia memberikan kata sambutan mewakili Wali Kota Samarinda, ‎H. Syaharie Ja’ang, SH, M.Si., yang berhalangan hadir. Hadir pula Kepala Dinas PPPA Pemkot Samarinda, Hj. Emiliana Dai, S.K.M., M. Adm. Kes., selaku narasumber dalam acara ini.

Dua narasumber lainnya ialah Anggota Departemen Pemberdayaan Potensi Muslimah, Anak dan Keluarga (PPMAK) Pimpinan Pusat DMI, Hj. Helwana Fattoliya Rais Sulaiman, S.Kom.I., M.Ag., dan Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Dra. Leny Nurhayanti Rosalin, M.Sc., serta Asisten Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA RI, Dra. Hj. Elvi Hendrani.

Acara ini merupakan bagian dari visi Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030 yang dicanangkan oleh Kementerian PPPA, sekaligus menjadi bagian dari visi Gerakan Nasional Sejuta Masjid Ramah Anak (GN-SEMARAK) 2030 yang dicetuskan oleh DMI. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 35 peserta yang mewakili  OPD dan Ormas Islam se-Kota Samarinda.

Rencananya, Kementerian KPPPA bersama-sama dengan Kementerian Agama dan DMI akan menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Tentang Program Percepatan Sosialisasi MRA pada akhir tahun 2019 ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani