DMI.OR.ID, SULA – Masjid Al-Istiqomah di Kabupaten Sula, Provinsi Maluku Utara, merupakan masjid terbesar di Indonesia Timur dan telah diresmikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), H. Setya Novanto, S.E., pada Selasa (25/8), dalam kunjungannya ke Kabupaten Kepulauan Sula bersama Wakil Ketua DPR RI, H. Fadli Zon, SS, M.Sc.

Seperti dikutip laman www.news.detik.com dari siaran pers DPR RI, dalam kunjungan ke Kabupaten Sulla ini, Setya Novanto didampingi oleh Fadli Zon dan anggota Kokmisi IV DPR RI, Edhie Prabowo. Ketiganya juga turut meresmikan masjid Al-Istiqomah.

“Baru kali ini saya meresmikan masjid, apalagi masjid ini terbesar di Indonesia timur,” tutur Novanto dalam sambutannya pada Selasa (25/8).

Setelah peresmian itu, ketiganya juga menghadiri pemecahan rekor dunia Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kegiatan yang cukup unik, yakni Bakar Ikan Terpanjang 1di Indonesia, 15,09 Kilometer.

Petugas dari MURI resmi mengumumkan rekor pemecahan Bakar Ikan Terpnjang di Indonesia itu, bahkan di seluruh dunia. Ia membacakannya di Pantai Reklamasi di desa Face, Kecamatan Sanana, Kabupaten Sula.

“Masyarakat Sula harus bangga karena bisa masuk MURI dengan membuat Bakar Ikan Terpanjang di dunia, yaitu 15,09 km. Ini membuat Sula dikenal orang,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani