DMI.OR.ID, BOGOR – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Masa Bakti 2015-2020, Drs. KH. Ma’mun Al Ayyubi, pada Sabtu (19/12) malam di Wisma Tugu – Kementerian Agama (Kemenag), Bogor.

Kiai Ma’mun terpilih setelah perolehan suaranya mengungguli calon ketua umum lainnya, Drs. KH. Thobroni, AG., M.A., dengan jumlah 27 suara berbanding 12 suara dan satu suara abstain.

Pemilihan Ketua Umum merupakan bagian dari Musyawarah Wilayah (Muswil) VII DMI Provinsi DKI Jakarta, sejak Jumat (18/12) hingga Sabtu (19/12). Muswil VII ini mengambil tema Peran dan Posisi Strategis Jaringan Masjid Dalam Pembangunan Akhlaq Mulia, Ekonomi, dan Demokrasi di Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, rangkaian proses pemilihan ini berlangsung dalam suasana yang sangat aktif dan dinamis, namun tetap hangat dalam semangat kekeluargaan dan silaturrahim antar pengurus DMI se-Provinsi DKI Jakarta.

Perbedaan pendapat, dialog, dan perdebatan juga kerap terjadi diantara sesama pengurus ketika membahas hal-hal prinsipil yang sangat penting bagi organisasi. Namun, semua itu tetap terajut dalam rasa kebersamaan dan semangat fastabiqul khoiraat (berlomba-lomba daalam kebajikan).

Sebelum pemilihan dimulai, Kiai Ma’mun dan Kiai Thobroni terlebih dahulu menandatangani Pakta Integritas di hadapan pimpinan sidang pleno. Keduanya juga telah melalui tahapan Pemilihan Bakal Calon oleh enam orang Ketua Pimpinan Daerah (PD) DMI se-Provinsi DKI Jakarta ditambah seorang perwakilan PP DMI.

Dalam Muswil VII ini, PP DMI diwakili oleh Ketua PP DMI Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat, Drs. H. Andi Mappaganty, yang juga Ketua Dewan Pakar PW DMI Provinsi DKI Jakarta.

Sebelumnya, PW DMI Masa Bhakti 2015-2020 telah membacakan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) di hadapan sekitar 50 orang peserta Muswil VII DMI Provinsi DKI Jakarta.

LPJ ini dibacakan langsung oleh Kiai Thobroni selaku Ketua PW DMI Provinsi DKI Jakarta dengan didampingi Kiai Ma’mun selaku Sekretaris PW DMI DKI Jakarta, dan H. Asman, S.E., M.M., selaku Bendahara PW DMI Provinsi DKI Jakarta.

Setelah itu, enam PD DMI se-Provinsi DKI Jakarta secara bergantian memberikan tanggapan, pendapat, usul dan saran atas LPJ itu. Keenam PD DMI itu yakni perwakilan DMI Kota Administratif (Kotif) Jakarta Pusat, DMI Kotif Jakarta Utara, DMI Kotif Jakarta Selatan, DMI Kotif Jakarta Barat, DMI Kotif Jakarta Timur, dan DMI Kabupaten Kepulauan Seribu.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani