DMINEWS, JAKARTA – Komunitas Safety Road Indonesia (KSRI) berkunjung dan bersilaturrahim dengan Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid indonesia (DMI) pada Rabu (15/4) pagi.

Dalam kesempatan itu, KSRI menggagas kerja sama dengan DMI dalam hal pelayanan ummat saat mudik lebaran.

Dalam pertemuan itu, hadir Sekretaris Bidang (Sekbid) Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri PP DMI, Hery Sucipto, Lc, MM, serta dua orang Tim Teknisi Akustik Masjid PP DMI, Aziz Muslim dan Musfidarizal. Sementara dari KSRI, hadir Ketua KSRI, Edo, dan dua orang pengurus lainnya.

Tim Teknisi Akustik Masjid PP DMI, Aziz Muslim, menyatakan DMI menyambut baik gagasan KSRI untuk bekerjasama dalam rangka partisipasi dalam pelayanan ummat saat mudik lebaran, termasuk saat arus balik tiba.

“Kami menyambut baik gagasan KSRI untuk bersama-sama meningkatkan keselamatan dan kenyamanan para pemudik selama di perjalanan. Jadi, harus ada aksi nyata dari semua pihak,” tutur Aziz saat diwawancarai DMINEWS, Kamis (15/4) sore.

Dalam rapat itu, lanjutnya, muncul wacana untuk menjadikan masjid-masjid yang dilewati di jalur arus mudik dan arus balik dapat berperan aktif dalam peningkatan keselamatan dan kenyamanan para pemudik.

“Rencananya, fokus peningkatan pelayanan untuk arus mudik dan arus balik ialah selama bulan Ramadhan hingga H+7 pasca Idul Fitri, apalagi mayoritas pemudik adalah ummat Islam, jadi kita memiliki kewajiban moral untuk melakukannya,” ungkap Aziz.

Menurutnya, jalur mudik yang menjadi perhatian khusus dalam rapat itu ialah jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), apalagi tingkat kecelakaan lalu-lintas cukup tinggi di sepanjang jalur itu.

“Mudah-mudahan gagasan ini dapat menjadi gerakan kebaikan bersama bagi kita semua,” pungkas Aziz.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani