DMI.OR.ID., JAKARTA – Aplikasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) merupakan terobosan inovasi dari Wakil Presiden (Wapres) RI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI. Terobosan inovasi ini dilakukan dalam rangka Memakmurkan dan Dimakmurkan oleh Masjid melalui digitalisasi ekosistem Masjid, Umat dan Da’i.

Pada musim mudik lebaran seperti sekarang ini, Aplikasi DMI dapat memberikan beragam manfaat bagi para pemudik, diantaranya membantu mereka mencari masjid terdekat, waktu sholat, dan arah kiblat, serta ramalan cuaca selama perjalanan.

Jika tidak menemukan masjid terdekat pada aplikasi, pengguna pun dapat menambahkan masjid yang mereka temukan di daerah ke dalam Aplikasi DMI dengan mudahnya.

Selain dapat membantu pengguna mencari masjid terdekat dan waktu sholat, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mencari dan mengundang da’i secara realtime sehingga sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Kegiatan-kegiatan masjid juga dapat dimasukkan ke dalam aplikasi ini sehingga kegiatan masjid-masnid itu dapat diketahui oleh khalayak yang lebih luas. Hal ini juga mendorong terciptanya digitalisasi masjid nasional secara menyeluruh.

Selain fitur-fitur tersebut, terdapat pula program-program menarik dari Aplikasi Dewan Masjid. Diantaranya program BUKBER atau Bulan Kita Berbagi. Program ini merupakan hasil kerja sama antara DMI dengan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Human Initiative. Khususnya dalam menggalang dana untuk memberikan paket buka puasa hingga paket lebaran bagi mereka yang membutuhkan.

Ada juga program CloudA.id selama bulan Ramadhan dan Syawal untuk para startup Muslim. Mereka dapat mengembangkan inovasinya dengan mendapatkan voucher saldo senilai Rp 500.000.

Ketiga adalah program Kegiatan Kreatif Masjid, dimana para remaja masjid seluruh Indonesia dikompetisikan untuk berlomba-lomba dalam menambahkan kegiatan kreatif masjidnya pada aplikasi Dewan Masjid demi mendukung digitalisasi masjid. Lomba ini masih berlangsung hingga akhir bulan Juni.

Selamat berlebaran, selamat sampai tujuan, Selamat Hari Raya Idul Fitri, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum 1 Syawal 1440 HIjriah.

Penulis: Ir. H. Achmad Sugiharto, M.M.,

Ketua Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Arsitektur Masjid dan Infrastruktur Masjid Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI).