DMI.OR.ID, PASIR PENGARAIAN – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) menetapkan Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) di Kota Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, sebagai Masjid Terbaik di Indonesia Tahun 2015.

Seperti dilansir dari laman http://news.okezone.com/, Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan, M.A., menyatakan MAMIC menjadi masjid terbaik di Indonesia sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Nomor: 01/DPM.MA/XI/2015.

“Berdasarkan pemberitahuan Kemenag RI yang dikirim melalui email, MAMIC meraih predikat terbaik untuk kategori Masjid Agung Percontohan Paripurna di Indonesia dengan nilai 90,28,” tutur Ahmad Supardi pada Rabu (23/12/15).

Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan Keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Nomor: 01/DPM.MA/XI/2015 yang diketuai Prof. Dr. H. Ahmad Satori.

“Sementara pada posisi kedua ditempati oleh Masjid Baiturrahman di Provinsi Jawa Timur dengan nilai 88,77, dan posisi ketiga ditempati Masjid Dokter Wahidin Sudirohusodo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),” ungkapnya.

Adapun dalam kategori Masjid Agung Percontohan Idarah atau Administrasi, paparnya, juara pertama diraih oleh Masjid Sindenreng Rappang di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Lalu, peringkat kedua diraih oleh Masjid Nurul Falah di Sulawesi Barat dan peringkat ketiga diraih oleh Masjid Baitul Hikmah di Kalimantan Timur,” ucapnya.

Sedangkan untuk Kategori Masjid Agung Percontohan Imarah atau Kemakmuran, jelasnya, peringkat pertama diraih oleh Masjid Baitussalam di Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

“Disusul dengan pringkat kedua, Masjid Al-Mukarram Amanah di Kalimantan Tengah, dan peringkat ketiga, Masjid Nurul Huda di Provinsi Bali,” ujarnya.

Adapun dalam kategori Masjid Agung Percontohan Riayah atau Pemeliharaan dan Kebersihan, lanjutnya, peringkat pertama diraih oleh Masjid Agung Sibolga di Provinsi Sumatera Utara (Sumut),

“Disusul dengan peringkat kedua,Masjid Agung Brebes di Provinsi Jawa Tengah, dan peringkat ketiga, Masjid An-Nur di Provinsi Sulawesi Tengah.

Menurutnya, prestasi MAMIC di Pasir Pengaraian ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul, khususnya Bupati Rohul, Drs. H. Achmad, M.Si.

“Pemkab Rohul mampu memakmurkan masjid di Negeri Seribu Suluk dengan beragam program keagamaan di Masjid Agung selama ini,” ucap Ahmad Supardi.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani