DMI.OR.ID, SIBOLGA – Masjid Agung Sibolga berhasil meraih predikat masjid terbaik dalam kategori Masjid Agung Percontohan Bidang Riayah atau Pemeliharaan dan Kebersihan Tahun 2015.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Sibolga, H. Mauluddin, menyatakan hal itu pada Rabu (6/1), seperti dilansir dari laman http://smartnewstapanuli.com/

“Alhamdulillah, kita bersyukur keberadaan masjid agung sibolga mendapat apresiasi yang baik dari Tim Penilai Tingkat Nasional dan Provinsi sehingga berhak menyandang predikat pertama masjid agung percontohan kategori Riayah,” tutur H. Mauluddin pada Rabu (6/1).

Menurut Mauludin, Ada dua masjid yang direkomendasikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yakni Masjid Agung Kabupaten Asahan dan Masjid Agung Kota Sibolga.

“Hal itu didapat setelah tim penilai turun dan dari hasil penilaian, Masjid Agung Sibolga terpilih sebagai Juara Satu Tingkat Nasional, berdasarkan surat keputusan Dewan Penilai Masjid Agung Percontohan Nomor: 01/DPM-MA/XI/2015,” jelasnya.

Dalam surat itu, lanjutnya, disebutkan Masjid Agung Sibolga meraih juara Satu sebagai percontohan kategori Riayah.

“Sedangkan juara dua diraihh oleh Masjid Agung Brebes di Provinsi Jawa Tengah dan juara tiga diraih oleh Masjid Agung An-Nur di Provinsi Sulawesi Tengah,” jelasnya.

Menurutnya, keberhasilan Masjid Agung Sibolga tidak terlepas dari peran serta Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga serta masyarakat Sibolga yang telah membantu untuk  mewujudkan menjadi masjid nasional.

“Penilaian Masjid Agung Percontohan ini dibagi menjadi empat kategori penilaian, yang pertama adalah kategori Masjid Agung Percontohan Paripurna, kedua kategori Masjid Agung Percontohan Idarah, dan ketiga ialah kategori Masjid Agung Percontohan Imarah, dan keempat adalah kategori Masjid agung Percontohan Riayah,” ungkapnya.

Untuk saat ini, lanjutnya, Masjid Agung Sibolga masih bisa meraih juara untuk kategori riayah dan mudah mudahan bisa meningkat meraih kategori Paripurna.

“Kami memohon kepada seluruh jamaah untuk dapat bersama-sama mendoakan semoga ke depannya Masjid Agung Sibolga bisa memperoleh prestasi yang lebih tinggi,” harap Mauluddin.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani