Masyarakat kita ada saja yang punya masalah pribadi, termasuk jamaah masjid. Membantu memecahkan masalah seseorang merupakan sesuatu yang amat baik. Bila masalah yang dihadapi terkait dengan aib pribadi dan keluarga seharusnya konsultasi atau curhatnya jangan dimuka umum, apalagi melalui media massa seperti radio dan TV.

Karena itu, kalau jamaah mau curahan hati (curhat) terkait aib keluarga, sebaiknya bicara di ruang tertutup, bukan di forum pengajian apalagi melalui acara di TV karena hal itu termasuk membuka aib yang sebenarnya harus ditutup.

Disinilah pentingnya pengurus masjid membuka kesempatan kepada jamaahnya untuk konsultasi di ruang khusus, bahkan boleh saja pengurus masjid berbicara secara aktif bila mendapati ada gejala jamaahnya punya masalah.

Kalau begitu, sudah saatnya pengurus masjid, majelis taklim, RT dan RW menyiapkan orang yang baik, berwawasan dan bijak untuk menjadi tempat curhat bagi jamaah dan masyarakat secara umum. Bila orang seperti itu belum ada di lingkungan kita, harus dilakukan Pelatihan sebagai langkah awalnya

Penulis:

Sekretaris Departemen Dakwah dan Pengkajian Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI): Ustadz Drs. H. Ahmad Yani