DMINEWS, JAKARTA – Sebagai negara Muslim terbesar di dunia yang menjunjung tinggi hukum (rule of law) dan hak-Hak Asasi Manusia (HAM), Indonesia memiliki kewajiban moral untuk senantiasa mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel, termasuk bantuan material dan spiritual terhadap bangsa Palestina.

Menteri Agama (Menag), Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, menegaskan pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk membantu Palestina. Menag juga berharap agar negara dapat membantu Palestina melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

“Mulai tahun depan, Insya Allah, mudah-mudahan DPR RI bisa menyetujui bantuan itu. Jadi, secara resmi bantuan pemerintah bisa disalurkan melalui APBN,” tutur Menag Lukman pada Jum’at (15/5) di Jakarta, seperti dikutip NU Online dari laman www.kemenag.go.id

Tepatnya, dalam sambutan resmi di acara “Pemberian Bantuan/ Infaq Jamaah Masjid Istiqlal untuk Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina” pada jum’at (15/5) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Dalam acara ini, hadir Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, H.E. Fariz Mehdafi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenerian Agama, Nur Syam, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Machasin, Direktur Urusan Agama Islam (Urais) dan Pembinaan Syariah, Muchtar Ali, dan  Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), Mubarok serta ribuan jamaah Masjid Istiqlal.

Menurut Menag, hubungan baik antara masyarakat Indonesia dengan Palestina sudah terjalin sejak awal kemerdekaan Indonesia. “Sejarah mencatat Palestina adalah negara yang pertama kali memberikan dukungan atas Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,” tegasnya.

Dukungan itu, lanjutnya, disampaikan langsung oleh Mufti Palestina, Syekh Muhammd Amin Al Khusaini, yang saat itu sedang mengungsi di Berlin, Jerman.

“Sehingga bantuan tidak hanya dari masyarakat Indonesia saja, namun negara secara resmi memberikan bantuan demi mewujudkan kemerdekaan negara Palestina,” jelas Lukman.

Bantuan untuk Rumah Sakit Indonesia di Ghaza, tegasnya, merupakan bukti bangsa Indonesia terus mendambakan dan memperjuangkan agar bangsa Palestina juga bisa mencapai kemerdekaannya.

 

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani