DMINEWS, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, panitia Konferensi Asia Afrika (KAA) akan menyediakan bus khusus yang akan mengangkut wartawan peliput ke Bandung.

“Kami (Pemerintah) menyediakan bus khusus untuk wartawan, baik dalam maupun luar negeri, yang ingin berangkat bersama. Kalau ingin berangkat sendiri boleh, dengan kendaraan sendiri tentu saja,” ujar Menteri Rudi saat sidak ke ruangan Media Center KAA, Rabu (22/4).

Menurut dia, angkutan bus khusus untuk memudahkan koordinasi dan menjalankan tugas jurnalistik. Untuk rombongan wartawan, lanjut dia, akan berangkat dari Senayan pukul 04.00 subuh (Jumat) esok.

“Rombongan diharapkan tiba di Bandung sekitar pukul 07.00, sementara acara puncak KAA di Gedung Merdeka Bandung akan dimulai pukul 09.00. Dengan demikian, wartawan dari Jakarta sudah siap di Bandung dua jam sebelum dimulai acara,” ungkap dia.

Rudi yang juga pengurus Dewan masjid Indonesia itu menambahkan, khusus untuk para kepala negara dan pemerintahan peserta KAA, demi keselamatan, semua akan menggunakan pesawat ke Bandung. Sedangkan anggota delegasi lainnya, kebanyakan melalui darat.

Seperti diketahui, Jumat esok adalah acara puncak KAA yang digelar sejak 19 April lalu. Para kepala negara akan mengenang KAA pertama tahun 1955 dengan berjalan kaki sepanjang 500 meter, dari Hotel Savoy Homan menuju Gedung Merdeka, tempat diselenggarakannya KAA pertama.

Hery Sucipto