DMI.OR.ID., JAKRTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I DMI pada Jumat (23/11) hingga Ahad (25/11), di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Kegiatan ini mengangkat tema Penguatan Implementasi Program DMI untuk Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid. Acara yang sedang berlangsung selama dua hari ini, dibuka oleh Wakil Presiden RI, H. Muhammad Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PP DMI pada Jumat (23/11).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, yang juga Ketua PP DMI, dalam paparan Akselerasi Sistem Teknologi Informasi dan Digitalisasi dalam Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid. Beliau menyampaikan beberapa hal yang menarik mengenai Akustik Masjid, Aplikasi Dewan Masjid, Masjid Berinovasi-Indonesia Berinovasi, Arsitektur Masjid dan rehabilitasi Masjid korban gempa/ tsunami Sulteng NTB.

Ada yang menarik terkait Akselerasi Digitalisasi Masjid melalui implementasi *Aplikasi Dewan Masjid*, yang mempertemukan kebutuhan Umat, Masjid dan Dai ke dalam aplikasi, seperti Jadwal Sholat, Arah Kiblat, Lokasi Masjid hingga Hallo Da’i untuk Umat, Pengurus Masjid dan Da’i, bahkan *Kabupaten Bone Sulawesi Selatan* yang merupakan kampung halaman Pak JK Wapres RI dan Ketua Umum DMI, oleh dorongan PRIMA Kabupaten Bone telah implementasikan Dai online dari aplikasi Dewan Masjid di Masjid Nurul Hamirah Bone Sulawesi Selatan

Rudiantara meminta kepada seluruh pimpinan wilayah maupun daerah untuk terus mengumpulkan data masjid dan data dai ke aplikasi Dewan Masjid sebagaimana *instruksi Ketum DMI* saat pembukaan Rakernas di Istana Wapres Jumat 23/11/18. Akan ada reward khusus 2019 dari DMI untuk Pengurus Wilayah, Pengurus/Remaja Masjid, dan juga untuk dai itu sendiri, “Inilah konsep bagaimana kita memakmurkan dan dimakmurkan masjid untuk masyarakat dan lingkungan.” demikian Rudiantara sampaikan kepada seluruh Pengurus DMI

Selain itu untuk mendukung akselerasi Digitalisasi Masjid melalui aplikasi Dewan Masjd, DMI juga menggelar Program *Masjid Berinovasi-Indonesia Berinovasi*. Bersama anak-anak muda PRIMA DMI di seluruh Indonesia diharapkan 800.000 data masjid terkumpul dalam waktu dekat dan akan dapat melahirkan banyak Dai-Dai nasional yang bermanfaat, melalui implementasi dan pemanfaatan aplikasi Dewan Masjid, serta akan melahirkan banyak inovator-inovator lokal dari masjid buat indonesia.

“Kita juga sedang membuat program pedoman perancangan Masjid yang akan menjadi ciri khas Masjid di Indonesia dan pedoman perancangan masjid tahan gempa, terlebih kita baru saja mengalami bencana di Sulteng dan NTB. Ini juga upaya DMI untuk membantu daerah potensi bencana dan rehabilitasi Masjid di daerah bencana.” demikian Rudiantara menutup paparannya.

Selanjutnya sharing oleh Ir. H. Achmad Sugiarto MM selaku Founder Aplikasi Dewan Masjid yang juga Ketua Departemen Kominfo, Arsitektur Masjid dan Infrastruktur Pengurus Pusat DMI, juga Laras Silvia Duta Aplikasi Dewan Masjid, kepada seluruh Peserta Rakernas-1 Dewan Masjid Indonesia.

Penulis: Laras Silvia

Duta Aplikasi DMI