DMI.OR.ID, PANGKALPINANG – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel telah menyelenggarakan Tabligh Akbar pada Ahad (31/12/17) malam di Masjid Al-Iman, Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Pulau Bangka.

Acara yang berlangsung jelang pergantian tahun baru masehi (syamsiah) 2018 itu menghadirkan da’i kondang asal Jawa Barat (Jabar), KH. Abdullah Gymnastiar, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Darut Tauhid di Gegerkalong, Bandung, Jawa Barat.

Seperti dikutip dari laman http://bangka.tribunnews.com, acara ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bangka Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si., Ketua PW DMI Babel, Muhammad Rasyid Ridho, S.Ag., dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Babel, Brigadir Jenderal (Brigjend) Polisi (Pol) Syaiful Zachri. Ketiganya juga menyampaikan kata sambutan dalam acara ini.

Dalam sambutannya, Muhammad Rasyid Ridho menyatakan bahwa umat Islam di Kota Pangkalpinang sangat antusias untuk hadir dan memadati Masjid Al-Iman guna mendengarkan tausyiah (ceramah) dan muhasabah akhir tahun dari da’i kondang yang akrab disapa Aa Gym itu.

“Aa Gym sebagai da’i dan tokoh nasional kita undang untuk memberikan sceramah dan memimpin muhasabah jelang tahun baru 2018 ini. Alhamdulilah, banyak sekali alumni-alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Darut Tauhid yang terlibat dalam acara ini, baik di Masjid Al-Iman maupun Kota Pngkalpinang,” papar Ustaz Rasyid Ridho pada Ahad (31/12/17) malam.

Dalam ceramahnya, Aa Gym menyampaikan bahwa evaluasi diri (muhasabah) sangat penting dilakukan oleh seorang Muslim setiap saat, terasuk jelang pergantian tahun. Hal ini bertujuan agar hidup kita lebih baik lagi di masa depan.

“Kalau ada yang sebel dan melakukan penghinaan, hendaknya kita mengevaluasi diri, mungkin ada yang salah pada diri kita. jangan mudah terpancing, terus intropeksi diri,” tuturnya.

Aa gym juga mengajak para jama’ah untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Caranya dengan mencari kekurangan diri sendiri, tidak usah sibuk mencari kekurngan orang lain,” paparnya.

Seperti dikutip dari laman http://humas.babelprov.go.id, Wagub Abdul Fatah juga mengajak lebih dari seribu ummat Islam yang hadir di masjid untuk merenung dan mengevaluai diri masing-masing. “Apakah selama ini kita sudah menjalankan rukun iman dan rukun ISlam? Sudah atau belum?,” tuturnya pada Ahad (31/12/17) malam saat menyampaikan kata sambutan.

Kalau pun sudah dijalankan, sudah sempurna atau belum? Kalau belum, maka saat inilah waktu untuk enyempurnakannya. “Salah satu upaya kita (Pemprov Babel) ialah melalui siraman qalbu yang disampaikan AA Gym ini,” paparnya.

Penulis: muhammad Ibrahim Hamdani